Home Pakai Modal 3 Cara Dapat Uang dari Google AdSense. Sudah Tahu?

3 Cara Dapat Uang dari Google AdSense. Sudah Tahu?

by Justin Sutanto

Menghasilkan uang dari internet itu mudah, salah satu triknya adalah dengan mempelajari cara dapat uang dari Google AdSense. Bagi Anda yang masih awam dengan istilah Google AdSense, pada ulasan kali ini akan membahas tentang pengertian, kelebihan, hingga cara menggunakan Google AdSense agar bisa menghasilkan uang. Berikut informasi lengkapnya. 

Baca juga: Facebook Ads 2021, dari Pemula Hingga Menjadi Pakar

Apa Itu Google AdSense?


Google AdSense merupakan layanan pemasangan iklan yang disediakan oleh Google. Jika memiliki website atau kanal YouTube, Anda bisa memanfaatkan space yang ada di laman tersebut untuk menampilkan iklan dari Google AdSense. 

Adapun jenis iklan yang biasa ditayangkan berupa video, gambar, dan teks. Sebagai pengguna Google AdSense Anda tak perlu memilih sendiri iklan mana yang akan ditampilkan. 

Pasalnya, pihak Google lah yang akan mengelola dan memilih iklan sesuai audiensi dan niche website Anda. Jika merasa iklan tidak sesuai, Anda tetap dapat menghapusnya dari laman website

Sebagai imbalannya, Anda akan mendapatkan sejumlah uang dari setiap pengunjung yang melihat dan melakukan klik pada iklan. Uang yang Anda terima adalah 68% biaya dari pengiklan, sementara sisanya adalah jatah untuk Google. 

Baca juga: Ini Hal yang Wajib Kamu Ketahui tentang YouTube AdSense

Kelebihan Google AdSense

Kurang lebih ada 3 keuntungan yang bisa Anda nikmati ketika menggunakan Google AdSense. Di antaranya adalah:

1. Hanya Menampilkan Iklan Berharga Tinggi

Setiap orang tentu ingin mendapatkan bayaran dengan nominal fantastis. Untuk itu, Google AdSense akan memastikan Anda mendapatkan iklan yang mampu membayar dengan harga tertinggi. Tujuannya hanya satu, agar pemilik website/YouTube bisa memperoleh keuntungan yang maksimal.  

2. Google AdSense akan Menyesuaikan Iklan dengan Audiensi

Seperti penjelasan di atas, Google AdSense akan memilih iklan mana saja yang sesuai dengan niche atau minat audiensi dari website Anda. Misalnya, Anda adalah seorang travel blogger, maka jenis iklan yang ditampilkan temanya tak akan jauh-jauh dari traveling. Contohnya iklan tentang online travel agent. 

Selain menyesuaikan iklan dengan target audiens, Google AdSense juga bertanggung jawab meninjau kualitas iklan yang ada.

3. Pemilik Website Punya Kendali atas Iklan yang Tampil

Sebagai pemberi ruang iklan, Anda berhak atas tata kelola iklan yang ditampilkan. Jika iklan tidak sesuai, Anda dapat langsung menghapusnya dari laman website atau YouTube. Di sisi lain, pemilik akun juga bisa mengedit desain dan format iklan sesuai kebutuhan. 

Cara Dapat Uang dari Google AdSense

Sebetulnya, cara dapat uang dari Google AdSense sangatlah mudah. Perhatikan panduan di bawah ini. 

1. Buat Akun AdSense

Sudah punya akun AdSense? Kalau belum, silakan registrasi akun baru di www.Google.com/AdSense/, kemudian klik Mulai yang ada di pojok kanan atas dan ikuti poin-poin berikut.

  • Lengkapi kolom URL situs Anda, alamat e-mail, dan persetujuan untuk mengaktifkan notifikasi terkait informasi AdSense. Pastikan alamat e-mail belum pernah digunakan untuk mendaftar Google AdSense sebelumnya. 
  • Selanjutnya, pilih negara atau wilayah asal
  • Centang bagian ‘Ya, saya telah membaca dan menyetujui perjanjian’ agar bisa lanjut ke proses selanjutnya.
  • Jika berhasil, Google AdSense akan menampilkan halaman dashboard. Pada halaman tersebut Anda perlu melengkapi informasi tambahan seperti ‘Payment Profile’ dan ‘Payment address detail’.
  • Pasang kode iklan AdSense ke dalam website Anda
  • Proses pendaftaran selesai, selanjutnya Google AdSense akan meninjau akun Anda. 

2. Tambahkan Iklan AdSense Pada Website

Begitu Google AdSense telah menyetujui akun Anda, kini saatnya membuat iklan dan memasangnya di halaman website. Pada tahap ini pengguna Google AdSense perlu membuat unit iklan, lalu memilih jenis iklan, dan mengatur gaya teks pada iklan. 

Setelah semuanya selesai, Anda akan menerima barisan kode. Tambahkan kode tersebut ke dalam website agar iklan bisa tampil di bagian yang Anda kehendaki. Nantinya, ukuran iklan akan menyesuaikan space yang ada di halaman website

3. Menaikkan Peringkat Website di Google

Terakhir aplikasikan strategi yang mampu menaikkan peringkat website Anda di halaman pencarian Google. Ingat, semakin banyak website Anda diakses, semakin besar pula kesempatan meraih pundi-pundi rupiah dari Google AdSense. Lalu, bagaimana cara menaikkan peringkat website pada Google? 

Pertama, buatlah website yang Mobile-Friendly. Dengan cara ini pengunjung akan merasa nyaman sekalipun mengakses laman Anda dari smartphone. Kedua, pelajari dasar-dasar SEO dan aplikasikan materi tersebut pada website Anda. 

Selanjutnya, lakukan pengamatan kecepatan loading website, baik melalui mobile maupun desktop. Website teratas Google biasanya memiliki kemampuan akses yang cepat. 

Cara lainnya adalah dengan memperbaiki link eksternal dan internal yang rusak demi kenyamanan pengunjung. Terakhir, masukkan anchor text yang sesuai karena bagus untuk SEO. 

Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu Google AdSense beserta kelebihannya lengkap dengan informasi tentang 3 cara dapat uang dari Google AdSense. Semoga cara di atas bisa membantu Anda mendapatkan penghasilan tambahan selain gaji dari pekerjaan utama, ya!

Related Posts

Leave a Comment