Home Pakai Modal 4 Strategi Video Content Marketing untuk Bisnis Kamu Viral

4 Strategi Video Content Marketing untuk Bisnis Kamu Viral

by Justin Sutanto

Apakah kamu seorang pebisnis yang ingin produk lebih dikenal luas sekaligus melejitkan angka penjualan? Jika iya, maka kamu harus mempelajari strategi content marketing. Dengan strategi pemasaran konten yang tepat, kamu bisa kebanjiran pengunjung dan meningkatkan minat konsumen terhadap produk yang dijual. 

Salah satu strategi pemasaran terbaik yang paling disarankan adalah menggunakan video. Meskipun hal ini bukanlah hal baru, video marketing merupakan media yang tak pernah gagal menjadi sorotan. 

Video marketing tidak hanya sekadar trik untuk meningkatkan penjualan, tetapi juga memainkan peranan besar dalam menjangkau lebih banyak konsumen potensial sekaligus mengenalkan produk kamu ke pasaran.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh tentang Influencer Marketing

Apa Itu Video Marketing?

Sesuai namanya, video marketing merupakan metode pemasaran menggunakan gambar dan audio. Semua jenis video yang direkam dan diunggah dengan tujuan bisnis dapat disebut sebagai video pemasaran.

Keunggulan Strategi Content Marketing Berupa Video


Dibandingkan konten yang hanya berupa teks, konten yang menampilkan video memiliki banyak keunggulan. Apa saja?

  • Lebih mudah diserap oleh audiens.
  • Video efektif meningkatkan komunikasi dua arah, yaitu pihak perusahaan dan konsumen.
  • 81% pebisnis menggunakan video karena disukai konsumen. Rata-rata konsumen melihat video melalui website atau media sosial.
  • Video marketing berada di urutan teratas daftar pencarian sehingga mampu mempromosikan sebuah merek atau bisnis lebih efektif dibandingkan metode lainnya.
  • Menurut hasil riset, 54% konsumen memiliki ketertarikan besar untuk melihat iklan video dibandingkan iklan berupa email newsletter, teks, dan gambar. 

Jenis Video Marketing untuk Meningkatkan Penjualan 

Cukup banyak jenis video pemasaran yang dapat kamu coba untuk memperkenalkan bisnis ke khalayak. Namun, pastikan untuk mendapatkan hasil terbaik, pastikan untuk menggunakan empat jenis video marketing berikut ini.

1. Video Storytelling 


Video storytelling merupakan cara terbaik untuk mempromosikan bisnis kamu. Terutama bagi pebisnis baru. Video jenis ini tidak hanya berfungsi untuk menyampaikan informasi penting yang terangkai dengan apik, tetapi juga memberikan konsumen gambaran mengenai diri kamu dan bisnis yang kamu miliki. 

Video storytelling memiliki kekuatan untuk menyentuh emosi konsumen dan membangun kepercayaan. Kisah yang digambarkan juga mampu memberikan makna mendalam hingga menumbuhkan empati dan rasa percaya diri dari audiens serta menggerakkan konsumen untuk membeli produk yang kamu tawarkan. Tak heran jika kebanyakan video jenis ini berpotensi viral lantaran lebih banyak dibagikan dan dibanjiri komentar.

Beberapa jenis video storytelling yang biasa digunakan oleh pebisnis, antara lain:

  • Video Tematik.
  • Video Rroduk.
  • Video Biografi.
  • Video Musik.
  • Sketsa Komedi.
  • Film Dokumenter.
  • Film Pendek.
  • Web Series.

2. Video Informasi 


Video informasi sangat baik untuk memperkenalkan dan memperluas jangkauan bisnis. Terutama bagi kamu yang menjalankan bisnis di bidang jasa atau servis, seperti perusahaan pemasaran digital dan perusahaan produksi video.

Jenis video ini tidak hanya mengedukasi audiens dengan hal-hal baru, melainkan juga memudahkan konsumen memahami hal dasar mengenai bisnis yang kamu miliki. Contoh video informasi, antara lain:

  • Bagaimana cara termudah memasarkan produk melalui media sosial?
  • Bagaimana cara membuat video untuk bisnis?
  • Bagaimana cara memanfaatkan Instagram untuk mendapatkan uang?

Kendati biasanya video ini memberikan informasi umum, kamu juga bisa menciptakan video sesuai dengan yang dibutuhkan oleh konsumen secara spesifik.

3. Video Demonstrasi 


Berbeda dengan video informasi yang mengajarkan bagaimana melakukan sesuatu, video demonstrasi justru memperlihatkan pada audiens tentang bagaimana cara melakukan sesuatu.

Melalui video demonstrasi, konsumen akan mendapatkan informasi mengenai cara kerja sebuah produk, bagaimana produk tersebut dihasilkan, serta value yang ditawarkan oleh produk tersebut.

Sebagai contoh, jika kamu memiliki bisnis kue dan roti, maka gunakan jenis video ini untuk menunjukkan cara membuatnya. Kamu bisa membuat video cara membuat roti antibantat bagi pemula, cara mudah membuat kue kering untuk lebaran, hingga cara memilih bahan kue dan roti berkualitas.

4. Video Testimoni


Bisa dibilang strategi content marketing terbaik adalah dari mulut ke mulut. Berbekal video testimoni, kamu bisa memperluas jangkauan pemasaran tanpa batas. Video ini juga efektif meningkatkan kepercayaan konsumen pada merek atau produk yang kamu tawarkan.

Biasanya, video testimoni berisikan pengakuan konsumen tentang produk kamu. Dengan adanya video ini, calon konsumen potensial bisa menilai apakah produk tersebut mampu menyelesaikan masalah yang dialami dan memberikan manfaat yang dibutuhkan.

Video pemasaran memang sangat efektif untuk mempromosikan sebuah merek atau produk. Meskipun demikian, kamu harus memperhatikan beberapa hal penting untuk memaksimalkan fungsi video pemasaran.

  • Video harus memiliki tujuan jelas. 
  • Pesan harus jelas agar lebih mudah dipahami oleh audiens. 
  • Gunakan thumbnail yang menarik dan deskriptif.
  • Usahakan durasi video tidak terlalu pendek ataupun panjang.
  • Gunakan konten copywriting untuk menarik audiens.
  • Promosikan melalui media sosial.

Demikianlah informasi mengenai jenis video strategi content marketing yang dapat kamu coba untuk mempromosikan bisnis supaya viral dan dikenal luas. 

Related Posts

Leave a Comment