Home Tanpa Modal Ada Bappebti & Kominfo, Ini 6 Aplikasi Cryptocurrency Indonesia

Ada Bappebti & Kominfo, Ini 6 Aplikasi Cryptocurrency Indonesia

by Justin Sutanto

Memiliki daya return tinggi dalam waktu singkat menjadi salah satu faktor booming-nya investasi Cryptocurrencies saat ini. Berdasarkan pengalaman seorang penggiat Kripto dalam channel Youtube-nya (Felicia Putri Tjiasaka), bercerita bahwa ia menabung Dogecoin sebesar 10 juta di awal bulan Januari 2021 dan investasi tersebut telah berkembang menjadi 1,25 miliar hanya dalam empat bulan (Mei 2021). 

Jika dibandingkan dengan investasi konvensional (seperti emas, properti, dan tanah), return mata uang Kripto jelas lebih cepat. Pasalnya, investor membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk meraup keuntungan dari emas dan kawan-kawan. Namun begitu, Anda juga harus tahu kalau investasi Cryptocurrencies sangat rentan penipuan. 

Dengan tujuan melindungi warga negaranya dari penipuan inilah, pemerintah kini mengawasi perdagangan aset Kripto melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Untuk memudahkan, berikut telah dirangkum enam aplikasi cryptocurrency Indonesia di bawah pengawasan dua lembaga tersebut.

Baca juga: Bakalan Boom! Nih, Perkembangan Cryptocurrency Di Indonesia

1. Indodax

Aplikasi indodax merupakan salah satu aplikasi cryptocurrency

Sebagai marketplace Kripto terbesar dan terpercaya Indonesia, Indodax telah memiliki lebih dari tiga juta member terverifikasi.  Ada banyak opsi Kripto yang bisa didapatkan di sini, mulai dari ETH, BNB, TITAN, DOGE, hingga BTC. 

Selain itu, terdapat empat fitur unggulan dari Indodax untuk mengakomodasi semua kebutuhan pelanggannya dengan baik. Pertama, pengguna dapat melacak transaksi jual beli melalui akun dari semua perangkat yang dimiliki, seperti laptop, PC, ponsel, dan tablet. Kedua, sistem keamanan akun terjamin melalui perlindungan multifaktor, yakni verifikasi email dan SMS.

Selanjutnya, waktu layanan Indodax 24 jam nonstop, bahkan di hari libur sekalipun. Terakhir, proses setor dan tarik aset Kripto dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari satu hari kerja. 

2. Tokocrypto

Aplikasi tokocrypto merupakan salah satu aplikasi cryptocurrency

Opsi berikutnya adalah Tokocrypto. Aplikasi ini dikembangkan dan didukung oleh salah satu platform jual beli cryptocurrencies terbesar dunia, yaitu Binance. Sebab itu, Anda dapat menemukan cukup banyak jenis Kripto dalam aplikasi ini. Beberapa di antaranya adalah BTC, BNB, XRP, OGN, ETH, DOT, DOGE, ZIL, dan sebagainya.

Biaya transaksi paling rendah dibandingkan aplikasi lainnya merupakan kelebihan Tokocrypto. Selain itu, tampilan aplikasi yang user-friendly makin mempermudah trader, baik pemula maupun berpengalaman, selama bertransaksi. 

Stop limit market, 2 factor authentication, pairing antara aset Kripto, dan know your customer adalah beberapa contoh fitur andalan yang ada di aplikasi favorit trader Indonesia ini.

3. Rekeningku

Aplikasi rekeningku merupakan salah satu aplikasi cryptocurrency

Mencari platform yang proses withdraw Kripto dan rupiahnya hanya dalam hitungan menit? Hanya aplikasi Rekeningku jawabannya!

Aplikasi yang mulai beroperasi sejak tahun 2017 ini telah didukung lebih dari 120 bank dan puluhan dompet digital di Indonesia (seperti Mandiri, Permata, OVO, Dana, Linkaja, dll). Jadi, Rekeningku menjamin penggunanya menerima aset penarikan hanya dalam 15 menit saja. Sistem ini dikenal dengan fitur instant withdrawal. 

Tidak hanya itu, Rekeningku juga menjamin keamanan transaksi penggunanya menggunakan teknologi cold storage. Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk mulai berinvestasi aset Kripto di sini. Nah, untuk bisa jadi member di Rekeningku, Anda harus menyiapkan kartu identitas diri (KTP atau paspor) dan email aktif. 

4. Luno

Aplikasi luno merupakan salah satu aplikasi cryptocurrency

Bagi Anda pemburu bonus tambahan koin Kripto, aplikasi Luno bisa jadi pilihan utama. Mengapa demikian? Sebab aplikasi ini sering sekali memberikan promo-promo cashback buat seluruh member setianya. Tidak main-main nilai yang ditawarkan pun cukup tinggi, yakni sampai 7.6% dalam bentuk aset Kripto. 

Selain promo menarik, Luno juga menyediakan berbagai fitur yang memudahkan pengguna untuk melakukan pembelian, yaitu Repeat Buy. Dengan mengaktifkan layanan ini, trading Kripto akan diatur secara otomatis di sistem Luno sesuai jadwal yang sudah pengguna tetapkan. Anda hanya perlu memastikan dompet Luno memiliki cukup dana.

Tambahan lagi, penyimpanan aset Kripto dalam deep freeze, sebuah dompet digital dengan teknologi multi-signature, menjadikan Luno sebuah aplikasi cryptocurrency Indonesia terdepan dalam sistem keamanan.

5. Zipmex


Turut meramaikan pasar cryptocurrency Indonesia, Zipmex jadi salah satu aplikasi dengan likuiditas tinggi. Sebab itu, pengguna tidak perlu khawatir akan kecepatan layanan pencairan aset dari platform ini. 

Kelebihan lain dari aplikasi yang telah beroperasi di Thailand, Singapura, dan Australia ini adalah adanya asuransi BitGo untuk tiap aset exchange yang tersimpan di akun pengguna. Jadi, perlindungan investasi dapat dikatakan lebih menyeluruh dibandingkan pesaing.

Selain itu, pengguna juga dimanjakan dengan beberapa hal menarik, antara lain:

  1. Harga aset terendah dan terbaik.
  2. Biaya trading murah.
  3. Customer service 24 jam nonstop.
  4. Simpanan aset berbunga melalui fitur ZipUp
  5. Ajak teman, dapat bonus.

Dengan semua kelebihan tersebut, sudah sewajarnya jika Zipmex masuk dalam pertimbangan sebagai sarana investasi. 

6. Pintu


Berbicara jumlah aset Kripto, aplikasi Pintu mungkin yang paling sedikit variasinya. Melansir website-nya, tercatat hanya tujuh belas varian yang ditawarkan melalui aplikasi ini, antara lain BTC, ETH, USDT, BNB, COMP, LINK, SNX, YFI, UNI, MKR, AAVE, SUSHI, GRT, REN, BAL, CRV, dan MATIC. Namun begitu, pengguna bisa memulai investasi dengan dana kecil melalui Pintu, yakni 22 ribu saja. 

Fitur keamanan Pintu pun terbilang yang paling lengkap dibanding pesaingnya. Akun pengguna terproteksi dengan sidik jari, face ID, teknologi curv.co., dan autentikasi 2 tingkat Google Authenticator. 

Ingin segera trading? Buat akun Pintu segera! Anda hanya butuh email dan foto kartu identitas diri.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai enam aplikasi cryptocurrency Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Baca juga: Bakal Jadi 1 Juta Dolar, Nih Masa Depan Crypto!

Related Posts

Leave a Comment