Home Pakai Modal Asik Joget sambil Belajar Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Asik Joget sambil Belajar Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

by Justin Sutanto

Bagaimana cara mendapatkan uang dari TikTok? Hal ini seringkali ditanyakan oleh pengguna TikTok baru. Sebagaimana kamu ketahui, TikTok merupakan salah satu aplikasi terpopuler di dunia yang memungkinkan penggunanya membuat dan berbagi video pendek berdurasi 15 hingga 60 detik. 

Sejak kemunculannya, TikTok banyak dilirik, terutama oleh pengguna yang ingin menambah pundi-pundi rupiah secara online. Singkatnya, TikTok bukan lagi sekadar platform video musik dan jejaring sosial biasa, melainkan telah tumbuh menjadi wadah bagi para influencer untuk mengembangkan sayap agar dikenal luas atau menjadi sosok berpengaruh, sekaligus menghasilkan uang dengan mudah.

Kendati baru diluncurkan pada tahun 2016 silam, pertumbuhan TikTok sangat pesat. Bahkan, TikTok disebut sebagai saingan berat Instagram. Tidak hanya digunakan untuk mengunggah video joget, TikTok juga dapat dimanfaatkan sebagai media promosi.

6 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok 


Pada dasarnya, untuk mendapatkan penghasilan dari TikTok cukup sederhana. Tentunya, kamu harus membuat profil TikTok lebih dulu. Pastikan profil tersebut unik. Bagi pemula, memang cukup sulit menggaet banyak pengikut, tetapi kamu bisa mencoba meningkatkan pengikut dengan menciptakan konten berkualitas yang menarik dan disukai orang. Salah satunya adalah dengan meniru konsep atau memilih lagu yang sedang tren di internet. 

Selain cara tersebut, masih banyak cara lain yang efektif meningkatkan jumlah pengikut dan memperbesar kesempatan kamu mendapatkan banyak uang. Apa saja? Berikut uraiannya. 

1. Promosi Silang Media Sosial

Sebagian besar pembuat konten terkenal di TikTok melakukan promosi silang melalui media sosial. Teknik pemasaran ini tidak menghabiskan banyak anggaran dan tergolong kuat untuk mempromosikan merek, produk, layanan atau jasa, dan perusahaan. Dengan promosi silang, kamu bisa lebih dikenal luas dan peluang meningkatkan saldo ATM semakin terbuka lebar. 

Setelah kamu selesai membuat konten TikTok, kamu bisa membagikannya melalui media sosial, seperti Instagram, YouTube, Twitter, Facebook, dan Snapchat. Rajinlah mengunggah video secara berkala dan mempromosikannya. Semakin banyak media sosial yang digunakan, semakin tinggi kesempatan meraih banyak pengikut.

2. Kesepakatan Brand atau Sponsor 

Kendati tidak sejelas platform lain, TikTok merupakan garis depan baru periklanan media sosial. Pemasar cerdas pasti akan memanfaatkan pengguna TikTok yang berpengaruh untuk mempromosikan produk dan musik mereka. 

Beberapa pengguna dengan pengikut lebih dari 150 ribu berhasil mendapatkan kesepakatan brand dengan penghasilan sekitar Rp7.000.000,00 – Rp10.000.000 per bulan. Konten berkualitas dan konsistensi merupakan poin penting untuk memperbesar kesempatan mendapatkan kontrak. 

Peluang sponsor sendiri akan mulai muncul secara otomatis begitu akun kamu memiliki sekitar 250 ribu pengikut. Pastikan untuk menyertakan email bisnis pada bagian bio agar memudahkan sponsor mengetahui bahwa kamu terbuka untuk penawaran dan peluang sponsor.

3. Beriklan di TikTok 

Cara mendapatkan uang dari TikTok adalah dengan beriklan melalui ads.tiktok.com. Platform iklan resmi dari TikTok ini efektif membantu kamu menemukan kelompok pengguna potensial. 

Iklan TikTok sendiri terdiri dari beberapa jenis, yakni in-feed ads, pre-roll ads, branded effects, dan promoted hashtag challenges. Meskipun demikian, konten iklan TikTok dengan kinerja terbaik adalah konten yang mengikuti tren dan tantangan. 

Kedua jenis konten tersebut dinilai sangat efektif mendorong interaksi para pengguna TikTok sekaligus membangun serta meningkatkan engagement.

Baca juga: Facebook Ads 2020, dari Pemula Hingga Menjadi Pakar

4. Mengompilasikan Video TikTok Populer 

Bagi pengguna TikTok yang juga memiliki akun YouTube sangat disarankan untuk mengompilasikan video terpopuler. Cara ini terbukti ampuh mempromosikan akun TikTok sekaligus saluran YouTube. Dengan menggiring pengikut ke saluran YouTube, kamu bisa memperoleh penghasilan dari iklan Adsense. 

Perlu diingat bahwa kunci sukses video kompilasi dilirik hingga ratusan ribu viewers adalah judul. Pastikan juga video kompilasi berdurasi minimal sepuluh menit dengan thumbnail yang menarik. Beberapa jenis video yang banyak menggaet viewers, antara lain kompilasi video lucu, komedi, hingga video menyeramkan. 

5. Jual Akun TikTok 

Untuk menghasilkan uang dari Tik Tok, kamu bisa menumbuhkan akun dan menjualnya ketika pengikut telah mencapai jumlah tertentu. Tak banyak yang tahu bahwa saat ini sejumlah pengguna telah mengembangkan profil TikTok dengan minat tertentu. Biasanya hal tersebut adalah topik khusus yang memiliki peluang untuk menjangkau sebuah brand.  

Sebagai contoh, jika kamu membuat akun TikTok dengan topik tujuan wisata dan petualangan populer, kamu bisa menjualnya pada penyedia layanan perjalanan atau bisnis yang berhubungan. 

Kunci untuk mendapatkan penawaran tinggi adalah membuat akun dengan konten berkualitas dan memiliki banyak pengikut aktif.

6. Konsultasi dan Manajemen 

Di TikTok, pengguna dapat membeli koin yang dapat mereka sumbangkan untuk kamu. Koin ini bisa ditukar menjadi uang sungguhan. Jika kamu merupakan seorang ahli TikTok atau konsultan di bidang tertentu, maka kamu bisa mendapatkan uang dari pengguna ataupun brand

Sebagai contoh, seorang konsultan TikTok profesional bisa menghasilkan sekitar Rp150.000.000,00 dalam sebulan dengan memberikan nasihat pada selebritas maupun pebisnis tentang konten terbaik untuk meningkatkan branding. Demikianlah informasi mengenai cara mendapatkan uang dari TikTok yang perlu kamu ketahui. Tertarik menghasilkan rupiah dari TikTok? Yuk, coba cara mudah di atas!

Related Posts

Leave a Comment