Home Pakai Modal Awas Rugi! 10 Tips Investasi Crypto yang Harus Kamu Tau!

Awas Rugi! 10 Tips Investasi Crypto yang Harus Kamu Tau!

by Justin Sutanto

Cryptocurrency adalah mata uang digital yang dikelola melalui jaringan peer to peer dengan menggunakan proses pembuatan teknik enkripsi. Jumlah Cryptocurrency yang beredar di seluruh dunia saat ini telah mencapai ratusan bahkan ribuan! Salah satu cryptocurrency yang paling dikenal luas, adalah bitcoin. Bitcoin sendiri merupakan mata uang elektronik yang diciptakan pada tahun 2009. Nah, jika Anda ingin berinvestasi di dunia Cryptocurrency dengan aman dan terhindar dari kerugian, ketahui 10 tips penting investasi crypto di bawah ini.

Baca juga: Jangan Cuman Trading! Simak Nih, Apa Itu Teknologi Blockchain

Tips Aman Investasi Crypto Supaya Kamu Tidak Rugi


Dunia Cryptocurrency sangat luas dan tidak hanya terbatas pada Bitcoin. Oleh karena itu, untuk dapat mengembangkan instrumen investasi ini, berlatihlah dengan menggunakan “akal sehat”. Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

1. Investasikan Jumlah Uang sesuai Kemampuan  

Tips investasi crypto yang pertama adalah kamu hanya perlu berinvestasi sesuai dengan batas kemampuan finansial-mu saat ini. Jika kamu kehilangan sebagian uang yang diinvestasikan, kondisi kehidupan sehari-hari kamu tidak akan terpengaruh secara langsung.

Ingat, kamu tidak perlu berhutang untuk berinvestasi di Cryptocurrency. Pasalnya, meski terkadang harga mata uang Crypto ini stagnan, mata uang ini dikenal sangat fluktuatif.

2. Pelajari Dunia Cryptocurrency sebelum Berinvestasi

Sebelum kamu memutuskan untuk berinvestasi di Cryptocurrency, luangkan waktu untuk memahami banyak tentang investasi ini dalam arti luas. Kamu bisa melakukannya dengan membaca berbagai artikel online terkait Cryptocurrency serta memahami berbagai risiko yang mungkin terjadi.

Baca juga: Jual Motor Dapet Mobil, Ragu Apakah Cryptocurrency Aman?

3. Diversifikasikan Investasi

Tips investasi crypto berikutnya, “jangan pernah menaruh semua telur Anda dalam satu keranjang“. Ungkapan ini juga berlaku ketika kamu ingin berinvestasi dalam mata uang crypto. Selain membeli mata uang crypto, investasikan uang Anda di properti atau saham serta berbagai jenis instrumen investasi lainnya.

4. Inter-Exchange Transfers

Setelah menerapkan ketiga tips investasi crypto di atas, kamu bisa mulai membeli mata uang crypto dengan memanfaatkan platform Cryptocurrency. Melalui platform ini kamu dapat membeli mata uang crypto yang sangat populer seperti ETH atau BTC.

Selain itu, platform Cryptocurrency adalah tempat untuk menukar bitcoin dengan mata uang crypto lainnya yang disebut Altcoin. Jika kamu ingin membeli mata uang crypto lain yang kurang populer, tetapi memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi, lakukan exchanges atau transfer ETH dan BTC yang kamu miliki. 

5. Lakukan Riset Sendiri

Untuk membuat investasi kamu lebih aman, kamu dapat berinvestasi kedalam 3-5 mata uang crypto yang paling populer. Namun, pastikan untuk mempelajari terlebih dahulu cara berinvestasi dengan modal sesedikit mungkin.

Hal Ini dikarenakan ada banyak cryptocurrency yang beberapa di antaranya menawarkan potensi pertumbuhan, di sisi lain, ada juga beberapa mata uang crypto yang ternyata hanya scam, dan itupun menghilang.

Oleh karena itu, tetap waspada sebelum berinvestasi di salah satu mata uang crypto ini. Coba lakukan riset sendiri seperti membaca “white paper” perusahaan, bergabung dengan forum diskusi, seperti Twitter, Skype, atau Telegram, hingga melakukan pencarian sendiri di Google.

Baca juga: Bakalan Boom! Nih, Perkembangan Cryptocurrency Di Indonesia

6. Hati-Hati dengan Scam

Penipuan atau scam juga umumnya terjadi di dunia cryptocurrency. Baca lebih banyak artikel tentang bitcoin dan penipuan serta waspadai mata uang tertentu yang prospeknya mencurigakan.

7. Cari Orang yang bisa Kamu Percaya

Sekali lagi, dunia Cryptocurrency adalah dunia yang penuh dengan scammers. Carilah orang yang dapat kamu percaya, terutama bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan analisisa proyek investasi kamu sendiri.

Pilih seseorang yang serius dan rendah hati. Seseorang yang dapat mengarahkan atau memberi Anda tips investasi crypto serta menjelaskan kemungkinan risikonya dengan baik.

8. Analisa Ukuran Kapitalisasi Pasar

Investor pemula biasanya hanya mempertimbangkan nilai unit (harga) Cryptocurrency, ketika menentukan pertumbuhan mata uang crypto. Faktanya, harga bukanlah indikator yang tepat untuk menentukan margin keuntungan mata uang crypto.

Kamu dapat menganalisisnya menggunakan 2 faktor berbeda yaitu “kapitalisasi pasar” dan “peningkatan kapitalisasi pasar di ICO“. Hati-hati dengan kapitalisasi mata uang crypto yang tinggi serta lakukan riset tentang mata uang crypto yang nilainya menurun selama ICO.

9. Tracking Hasil

Setelah mempelajari praktik terbaik dari tips investasi crypto, sekarang saatnya untuk memahami evolusi portofolio kamu.

Perlu diketahui, bahwa setelah berinvestasi kamu akan menghadapi tiga kemungkinan kondisi yang akan terjadi, yaitu investasi kamu menguntungkan, tetap stabil, atau bahkan merugi.

Nah, selama proses tracking hasil investasi ini, kamu tidak perlu mengecek setiap aset satu per satu. Gunakan aplikasi smartphone seperti Delta, untuk melacak laba atas investasi secara otomatis dan instan.

10. Amankan Cryptocurrency Kamu

Cryptocurrency sensitif terhadap pencurian yang sering dilakukan oleh hacker di level Cryptocurrency Exchange. Oleh karena itu, hindari menyimpan cryptocurrency kamu di bursa dan meminimalkan risiko apa pun dengan menyimpannya di crypto wallet (Dompet Cryptocurrency).

Nah, itulah 10 tips investasi crypto yang bisa kamu terapkan untuk memaksimalkan hasil investasi Cryptocurrency kamu. Cryptocurrency adalah investasi yang harus selalu dilakukan dengan “akal sehat” dan kehati-hatian. Dengan demikian, kamu bisa terhindar dari kesalahan-kesalahan yang berpotensi menyebabkan kerugian. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Leave a Comment