Home Pakai Modal Biar Cuan, Baca Ini Dulu Sebelum Investasi Emas Online!

Biar Cuan, Baca Ini Dulu Sebelum Investasi Emas Online!

by Justin Sutanto
Batangan emas

Bentuk investasi bermacam-macam, seperti misalnya saham, tanah, deposito, atau emas. Nah, salah satu yang sedang populer adalah jenis investasi emas online. Lalu, sebenarnya apa sih emas online itu? Seberapa menguntungkan jenis investasi tersebut jika dibandingkan dengan membeli emas fisik? Untuk itu, bagi kamu yang masih pemula di bidang investasi emas digital, simak dahulu penjelasan berikut ini!

Baca juga: Awas Rugi! 10 Tips Investasi Crypto yang Harus Kamu Tau!

Apa Itu Emas Online

investasi emas online

Emas online adalah produk investasi digital yang hanya bisa kamu beli melalui platform investasi emas. Bila ingin, kamu pun dapat mencetak tabungan emas digitalmu agar bisa menjadi emas fisik. Meski tampaknya lebih praktis, menabung emas online bukannya tidak memiliki risiko. 

Jenis investasi ini juga memiliki beberapa risiko, seperti misalnya rentan kena hacking atau aksi phising yang berusaha menjebol akun tabungan emas. Karena itu, saat memilih penyedia layanan investasi emas digital, cek dahulu apakah sistem keamanannya baik atau tidak. Risiko lainnya adalah terjebak investasi emas online bodong. 

Oleh karenanya, sangat penting untuk memastikan bahwa platform yang kamu pilih sudah terdaftar dan menerima izin resmi dari Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi serta Otoritas Jasa Keuangan. 

Keuntungan Melakukan Investasi Emas Online 

Jadi, bagi kamu yang ingin mulai berinvestasi emas online, berikut ini beberapa keuntungannya. 

1. Mudah dan Praktis! 

Hanya dengan bermodalkan akses ke internet, kamu bisa membeli emas online di mana dan kapan saja. Tidak perlu ribet pergi ke toko emas offline apalagi sampai harus mengantri untuk dilayani. Semua proses transaksi bisa kamu selesaikan lewat gawai pintarmu. Bahkan, bila nantinya ingin menjual kembali emas tersebut, kamu bisa melakukan proses transaksi lewat aplikasi yang sama. 

2. Pecahan/Denominasi Relatif Kecil 

Tidak seperti emas fisik, membeli emas digital bisa kamu lakukan dalam pecahan relatif kecil. Bahkan, di beberapa platform investasi emas digital, kamu bisa mulai menabung emas online dengan uang receh Rp100 lho. Itulah mengapa, emas online sekarang sangat populer sebab orang bisa menyetorkan sejumlah kecil uangnya untuk memulai investasi ini. 

3. “Spread” Lebih Rendah dari Emas Fisik 

Spread adalah istilah yang menggambarkan perbedaan antara harga beli dan jual. Nah, keuntungan penjual emas berasal dari spread ini. Pembeli akan bisa cuan apabila nilai spread-nya rendah. Makin rendah, makin menguntungkan bagi pembeli. Inilah salah satu keuntungan yang bakal kamu dapat kalau membeli emas online. 

Emas online memiliki tingkat spread yang lebih rendah daripada emas fisik. Jika spread emas digital rata-rata berkisar antara Rp40.000 sampai Rp50.000, spread emas fisik per 1 gram bisa mencapai Rp100.000 lho

4. Real-Time Trading 

Banyak orang tertarik membeli emas online karena jenis investasi tersebut biasanya menawarkan sistem real-time trading. Artinya, harga yang kamu lihat bukanlah harga tipu-tipu atau hasil rekayasa. Hal ini karena platform investasi emas digital umumnya menawarkan tarif emas sesuai grafik harga pasar secara real-time. Dengan kata lain, harga jual-belinya pun bakal sama dengan tarif real-time saat itu. 

5. Tidak Perlu Tempat Penyimpanan 

Berinvestasi emas online juga dapat membuat kamu merasa lebih tenang karena tidak perlu bingung mencari tempat penyimpanan khusus. Tabungan emas online yang kamu beli sudah tersimpan secara aman di sistem platform perusahaan investasi emas yang kamu ikuti. Di aplikasi tabungan emas online, kamu pun bisa memantau jumlah saldo emasmu dan fluktuasi harga emas di pasaran secara real-time

Aplikasi Investasi Emas Online Terbaik

Sudah siap berinventasi emas secara online? Berikut ini beberapa platform aplikasi investasi emas digital terbaik dan kredibel yang bisa kamu pertimbangkan. 

1. Pegadaian Digital 


Menjadi salah satu pelopor di bidang investasi emas digital, Pegadaian menggunakan tagline “Tabungan Emas” sebagai bagian dari layanan promosi mereka. Terbilang populer, ada lebih dari 1 juta orang yang telah mengunduh aplikasi Pegadaian Digital di Play Store. Biaya pembukaan akun di platform ini juga gratis sehingga banyak yang tertarik untuk bergabung. 

Untuk pembelian saldo emas, nominal paling kecil sebesar Rp50.000. Selain itu, nasabah juga mendapatkan keuntungan berupa gratis biaya titip emas di tahun pertama. Dalam hal ini, Pegadaian juga memberi beberapa jaminan kepada nasabah seperti karatase emas pasti 24 karat, bisa cetak emas mulai dari 1 gram, dan buyback bisa nasabah lakukan mulai dari 1 gram. 

2. Tokopedia Emas

Bukan sekadar marketplace untuk kebutuhan sehari-hari saja, Tokopedia juga menyediakan layanan investasi emas digital. Terkait layanan ini, Tokopedia bekerja sama dengan Pegadaian dalam hal sistem penyimpanan emas. Untuk menggunakan layanan Tokopedia Emas, kamu bisa mengaksesnya langsung dari aplikasi marketplace tersebut. 

Pun, tersedia beragam fitur yang bisa kamu manfaatkan saat memakai Tokopedia Emas, seperti misalnya Kado Emas dan Misi Emas. Melalui aplikasi Tokopedia, kamu juga bisa melakukan transaksi jual-beli emas secara instan. Selain itu, minimal top up di Tokopedia Emas terbilang murah, mulai dari Rp5.000 saja. 

3. Bukaemas by Bukalapak 

Paling murah diantara platform investasi emas digital lainnya, top up tabungan emas di Bukaemas mulai dari Rp100. Ya, layanan investasi emas dari Bukalapak ini cukup populer karena top up minimalnya yang sangat rendah. Di samping itu, tersedia pula layanan cetak kepingan emas mulai dari 1 gram.

Untuk layanan Bukaemas ini, Bukalapak juga menggandeng Indogold sebagai penyedia jasa tempat penyimpanan emas dan cetak kepingan emas. Selain Indogold, Antam juga turut membantu Bukalapak untuk memenuhi permintaan cetak emas fisik untuk layanan Bukaemas. Kemudian, bagi pengguna yang ingin menjual saldo emas di Bukaemas, hasil dari penjualan tersebut akan masuk ke e-wallet miliki Bukalapak, yakni BukaDompet.

4. Pluang 

https://www.youtube.com/watch?v=OXWDjYB9lsM\

Pluang adalah salah satu platform investasi emas digital yang menawarkan spread yang kompetitif. Layanan ini juga telah berafiliasi dengan beberapa platform terkemuka seperti DANA e-Mas, BukaEmas, dan GoInvestasi. Transaksi jual-beli emas pun bisa dengan mudah kamu lakukan di dalam aplikasi. Hasil penjualan emas bisa kamu terima lewat transfer bank ke rekeningmu atau masuk ke akun Gopay yang kamu tautkan ke Pluang. 

Minimal top up di Pluang juga terbilang rendah, mulai dari Rp10.000 saja. Sementara itu, layanan cetak kepingan emas bisa kamu pesan mulai dari 1 gram, dalam bentuk emas Antam murni 99,99% PT PG Berjangka adalah perusahaan yang bertanggung jawab mengelola emas nasabah Pluang, yang telah secara resmi mengantong lisensi dari Bappebti. 

5. Tamasia 


Tamasia menawarkan konsep jual-beli emas digital yang cukup berbeda daripada platform sejenisnya. Mengusung konsep syariah, layanan tabungan emas ini tidak memperjual belikan emas trading. Tamasia juga menunjuk Antam sebagai tempat menyimpan dan juga mencetak kepingan emasnya.

Untuk top up saldo emas, nilainya bisa mulai dari Rp10.000. Apabila kamu ingin mengubah saldomu menjadi emas fisik, tersedia dua opsi cetakan logam mulia. Kamu bisa memilih cetakan emas murni Antam 99,99% atau dalam bentuk koin emas dinar. 

Apabila kamu merasa investasi emas online cukup menguntungkan, tidak ada salahnya untuk mencoba menabung emas digital. Hanya saja, selalu pastikan bahwa platform yang kamu pilih benar-benar kredibel dan sudah diawasi badan resmi pemerintah, ya.

Related Posts

Leave a Comment