Home Tanpa Modal Bisa Kerja WFH, Nih 9 Situs yang Membayar Penulisnya Mahal!

Bisa Kerja WFH, Nih 9 Situs yang Membayar Penulisnya Mahal!

by Justin Sutanto
Ilustrasi contoh situs yang membayar penulis

Penulis lepas menjadi salah satu pekerjaan yang populer di era digital. Terlebih lagi, tidak semua pengelola website merasa mampu atau memiliki banyak waktu untuk menulis sendiri konten mereka. Alhasil, jasa penulis lepas kini banyak dicari untuk membantu menyajikan konten berkualitas yang bisa mendongkrak trafik serta posisi pencarian sebuah situs web. Nah, bagi kamu yang memiliki passion menulis dan ingin memberdayakan kemampuan tersebut untuk menghasilkan uang, simak ulasan berikut dan ketahui daftar situs yang membayar penulis dengan upah tinggi. 

Pekerjaan Sebagai Penulis Lepas Profesional

Ilustrasi pekerjaan seorang penulis lepas

Sebelum membahas situs mana saja yang bakal membayar kamu dengan honor tinggi, mari mengulas soal bagaimana pekerjaan penulis lepas itu sendiri. Pada dasarnya, penulis lepas dapat mengerjakan proyek kontrak atau jenis proyek lepas dari siapa saja, baik itu individu maupun perusahaan. 

Selain itu, penulis lepas juga memiliki privilege untuk bisa bekerja dari mana saja, entah itu rumah, kafe, atau tempat lainnya di luar area kantor. Meski aktivitas menulis lepas terkesan hanya sebagai pekerjaan sampingan atau penyaluran hobi semata, tidak sedikit yang memutuskan untuk menekuni pekerjaan ini sebagai profesi atau sumber penghasilan utama dalam menafkahi hidup lho. 

Lantas, bagaimana cara para penulis lepas profesional menghasilkan pundi-pundi uang yang melimpah? 

  • Bergabung dengan agensi atau komunitas penulis untuk menjangkau lebih banyak klien potensial.
  • Menjadi penulis konten tetap di sebuah website atau media online.
  • Menekuni kegiatan blogging.
  • Rutin menulis di berbagai website berbayar.

Daftar Situs yang Membayar Penulis Mahal

Jadi, apakah kamu berminat menjadi penulis lepas? Kalau ya, berikut ini beberapa situs yang bakal membayar cukup tinggi untuk setiap karya yang kamu tulis. 

1. IDN Times 

Ilustrasi IDN Times, salah satu situs yang membayar penulis

Pada Februari 2017, IDN Times resmi merilis sebuah kanal komunitas bagi mereka yang punya hobi menulis. Di IDN Times Community, kamu tidak hanya bisa menyalurkan bakat atau ketertarikanmu terhadap dunia tulis-menulis, tetapi wadah tersebut juga menawarkan reward menarik untuk berbagai karya tulis yang berhasil viral atau mendapatkan banyak views

Sebagai contoh, untuk setiap 100 views, kamu akan mendapatkan 1 poin. Maka, apabila kamu memperoleh 150.000 views misalnya, poinmu adalah 1500. Nah, poin tersebut nantinya bisa kamu tukar dengan uang tunai sebesar Rp150.000. 

2. Geotimes 

Satu lagi portal berkualitas yang populer di kalangan para penulis lepas. Geotimes juga membuka peluang bagi siapa saja yang ingin tulisannya diunggah di portal mereka. Adapun beberapa syarat yang harus kamu penuhi, seperti misalnya wajib menyertakan biodata lengkap, menyetorkan karya sepanjang 750-1000 kata, tidak menulis sesuatu yang berbau SARA atau bersifat argumentatif, dan menyertakan visual pendukung. 

Setelah itu, semua tulisan yang masuk akan melewati proses kurasi ketat. Nah, jika tulisanmu lolos kurasi, Geotimes akan menerbitkan karya tersebut di portal mereka. Kamu bisa mendapatkan penghasilan ratusan ribu untuk setiap tulisanmu yang terbit di website Geotimes. 

3. BaBe 

Aplikasi konten dan berita ini juga membuka kesempatan bagi kamu yang ingin menjajal skill menulis. Bila beruntung dan ternyata tulisanmu mendatangkan banyak views atau setidaknya lolos kurasi tim BaBe, kamu bisa mendapatkan bayaran hingga Rp100.000 per artikel. 

Berani coba? Kamu bisa langsung mengunjungi situs BaBe dan mendaftarkan akun. Setelah itu, isi biodata lengkap dan syarat lain seperti mengisi informasi nomor rekening. Kemudian, mulai submit artikel buatanmu. Untuk tulisan, panjangnya minimal 150 kata. 

4. Vebma 

Vebma adalah salah satu portal yang memberikan ruang khusus bagi siapa saja yang ingin menyalurkan minat menulis. Jenis topik tulisan di Vebma juga beragam sehingga penulis bisa lebih mengeksplorasi bakat menulisnya. Adapun beberapa topik populer di portal ini adalah artikel tekno, artikel unik, game, review, dan pembahasan seputar gawai Android. 

Namun, tulisan yang masuk tidak bisa langsung terbit, ya. Karyamu tetap harus melewati proses kurasi redaksi Vebma. Untuk setiap tulisan yang terbit di portal ini, penulis akan menerima bayaran senilai Rp10.000. 

5. Jalan Tikus 

Bagi kamu yang jago menulis topik seputar dunia teknologi, yuk coba setor tulisanmu ke website Jalan Tikus. Apabila tulisanmu berhasil melewati tahap seleksi, kamu akan mendapatkan upah sekitar Rp50.000 per artikel. Namun untuk bisa lolos kurasi, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

Pertama, pastikan tulisanmu adalah konten asli, bukan hasil copas apalagi sudah pernah diterbitkan. Kedua, hindari unsur politik atau SARA dalam tulisan. Selanjutnya, penulis wajib menyertakan video dan gambar sebagai visual pendukung dalam kontennya. 

6. GetCraft 

GetCraft adalah pasar konten yang menjadi tempat bertemunya klien dan penulis. Jenis kontennya juga beragam, tidak hanya terbatas pada tulisan. Karena konsepnya adalah marketplace, GetCraft tentunya lebih cocok untuk penulis lepas dengan jam terbang tinggi. 

Di GetCraft, penulis bisa menunjukkan portofolionya kepada calon klien. Apabila calon klein merasa kriteria penulis cocok dengan apa yang mereka inginkan, keduanya bisa melanjutkannya ke tahap kerja sama. Untuk rate harga artikel, ini tentunya sangat bergantung pada kesepakatan antara klien dan penulis.  

7. Freelancer

Situs ini cukup familier di kalangan para penulis lepas. Konsepnya hampir sama dengan GetCraft, yang menyediakan marketplace bagi pemberi dan pencari proyek konten. Jenis kontennya juga cukup beragam, seperti artikel, terjemahan, hingga karya desain. Nah, bagi kamu yang ingin menjajal peruntungan sebagai penulis lepas, coba buka kategori “Penulisan & Konten” di situs Freelancer. 

Pada kategori tersebut, kamu akan menemukan berbagai jenis proyek. Bukan cuma proyek artikel dari dalam negeri, kamu juga bisa menemukan calon klien dari luar negeri lho. Untuk proyek yang berasal dari luar negeri, penulis tentunya bakal menerima transfer dalam bentuk dollar. 

8. Projects.co.id

Serupa dengan Freelancer, ini juga termasuk marketplace-nya para pekerja freelance. Dengan mendaftarkan akun di Projects, kamu bisa mulai berburu proyek menulis konten. Langkah awalnya adalah dengan cara membuka kategori “Writing & Translation” pada situs web ini. 

Kemudian, pilihlah bidang penulisan yang paling kamu kuasai. Selanjutnya, kamu hanya tinggal menunggu pemberitahuan lewat email—jika memang ada proyek yang sesuai dengan pilihan bidangmu. Soal harga artikel, ini juga akan tergantung pada kesepakatan yang kamu buat dengan calon klien. 

Baca juga: 9 Situs Freelance buat Kamu punya Penghasilan Tambahan

9. Kontenesia 

Sebagai penyedia jasa penulisan konten, Kontenesia juga membuka peluang bagi siapa saja yang ingin bergabung menjadi penulis mereka. Pada tahap seleksi awal, calon penulis akan diminta untuk mengirimkan beberapa contoh artikel buatan mereka atau bisa juga dengan melampirkan link artikel yang sudah terbit. 

Bila berhasil lolos pada tahap penyaringan tersebut, penulis dapat bergabung dan mulai menerima job dari berbagai klien yang masuk ke layanan Kontenesia. Dalam hal ini, Kontenesia melayani beragam jenis konten tulisan, termasuk copywriting, penulisan blog dan startup, penerjemahan, dan lain sebagainya.

Itulah daftar situs yang membayar penulis dengan upah cukup tinggi. Ingin bisa menembus proses kurasi mereka? Yuk tingkatkan terus kualitas tulisanmu dan bikin calon klien terpana saat membacanya!

Related Posts

Leave a Comment