Home Tanpa Modal Cara Menambah Follower Instagram Secara Organik (2021)

Cara Menambah Follower Instagram Secara Organik (2021)

by Justin Sutanto

Instagram merupakan salah satu media sosial yang efektif membangun personal branding dan media berbisnis. Selain mudah digunakan, Instagram memungkinkan penggunanya berinteraksi secara langsung melalui fitur live dan berdiskusi sesuai topik yang diminati oleh followers. Dengan keunggulan tersebut, tak heran jika sebagian besar pengguna menggunakan berbagai cara menambah follower Instagram untuk menciptakan branding yang kuat dan memperluas cakupan bisnis. Meskipun tersedia jasa jual beli followers, hal ini sangat berisiko karena dapat menyebabkan penghapusan akun Instagram.

Baca juga: Cara Mendapatkan Lebih Banyak Viewer di Youtube (2020)

Cara Menambah Follower Instagram Gratis Hingga Ribuan 


Alih-alih menghabiskan uang untuk membayar jasa tersebut, lebih baik kamu mengembangkan followers secara organik. Memang, hasilnya tidak instan, tetapi jauh lebih aman dan tidak perlu mengeluarkan uang. 

Bagi pemilik bisnis, cara ini bisa mengkurasi pengguna berkualitas yang ideal dijadikan sebagai calon konsumen. Kamu juga akan mendapatkan pengikut nyata yang bisa memberikan like dan komen, serta bisa menjadi konsumen potensial. 

Lantas, bagaimana cara menambah pengikut di Instagram secara organik? Berikut uraiannya.

1. Tetapkan Tujuan 


Pertama, kamu harus menetapkan tujuan penggunaan Instagram. Apakah untuk pribadi atau bisnis. Bagi kamu yang ingin menjadi seorang influencer atau pembuat konten, kamu bisa menggunakan akun Instagram biasa. 

Sementara kamu yang ingin berbisnis, maka gunakan akun Instagram business. Jenis akun ini menawarkan fitur yang tidak tersedia di akun pribadi, seperti Instagram insights, belanja Instagram, iklan Instagram, dan informasi kontak dan tombol ajakan di bagian profil. 

2. Tentukan Niche 


Perlu diingat bahwa tidak semua niche (topik) dianggap menarik dan menjanjikan keuntungan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui topik yang paling banyak diminati oleh pengguna Instagram. 

Beberapa topik tersebut, di antaranya:

3. Ubah Nama untuk SEO 


Nama akun personal biasanya menggunakan nama asli atau pena. Sementara akun bisnis menggunakan nama merek, produk, atau jasa yang ditawarkan. Namun, apabila nama kamu dirasa kurang menjual, kamu bisa mengubahnya dengan memilih nama akun yang menarik, unik, dan mudah dicari.

Khusus akun bisnis, disarankan menggunakan nama dengan huruf kapital secara keseluruhan di bagian bio untuk memaksimalkan SEO. Dengan kombinasi tersebut, kesempatan kamu untuk mendapatkan ribuan followers terbuka lebar.

4. Tulis Caption yang Mengkonversi 


Hampir seluruh pengguna Instagram sangat suka terlibat, berbagi sesuatu, menyukai, dan mengomentari foto atau video yang dianggap bagus. Untuk menarik audiens, pastikan untuk mengunggah konten berkualitas. 

Jangan lupa beri caption yang dapat mengkonversi. Masukkan informasi terpenting di bagian awal. Tidak perlu panjang, asalkan padat dan penuh makna. Untuk memancing rasa penasaran audiens, kamu bisa menambahkan kalimat tanya, ajakan (call to action), atau menggunakan kalimat terputus.

Bagi pemilik akun bisnis, membalas komentar dan membuka diskusi langsung maupun melalui polling dapat meningkatkan engagement

Untuk memudahkan penerapan tersebut, kamu harus selalu ingat tiga poin penting, yakni Know, Like, and Trust. Artinya, kamu ingin audiens mengenal siapa kamu, kamu ingin audiens menyukai postinganmu, dan kamu ingin mereka mempercayaimu. Tiga poin tersebut sangat penting untuk keberlangsungan bisnismu.

5. Campur Ukuran Hashtag 


Cara menambah follower Instagram secara organik selanjutnya adalah mencampur ukuran hashtag atau tagar. Ukuran yang dimaksud adalah tingkat kompetisi tagar. Untuk mengetahuinya, kamu harus melakukan riset tagar mulai dari yang terkecil, sedang, hingga besar. 

Untuk memudahkan kamu, simak ukuran hashtag berikut ini.

  • Sangat kecil: di bawah 50.000.
  • Kecil: di bawah 100.000.
  • Sedang: di bawah 500.000.
  • Besar: lebih dari 500.000.

Semakin populer hashtag, semakin tinggi tingkat persaingan. Oleh karena itu, lakukan pencampuran ukuran hashtag. Kamu juga bisa menciptakan tagar sendiri untuk mengategorikan postingan. Supaya postingan tidak dianggap spam, hindari menggunakan tagar yang sama berulang kali.

6. Perhatikan Tata Cara Posting 


Lakukan posting di jam ramai untuk meningkatkan pengikut secara signifikan. Biasanya, di jam ramai pengguna akan dengan senang hati meninggalkan komentar atau memberikan tombol like pada postingan yang menarik. 

Adapun waktu terbaik untuk posting di Instagram adalah pada jam makan siang, pukul 11.00 – 13.00 dan setelah jam kerja, pukul 19.00 – 21.00.

7. Gabung Komunitas 


Bergabung dengan grup komunitas tidak hanya dapat menambah pengikut, melainkan juga membangun kedekatan dan kepercayaan. Pada dasarnya, grup komunitas adalah percakapan grup yang memiliki minat sama. 

Biasanya grup komunitas memiliki aturan masing-masing untuk memastikan setiap partisipan mendapatkan hasil maksimal dari setiap postingan. Jika salah satu anggota grup mengunggah postingan baru, maka seluruh grup akan membantu dengan menyukai, meninggalkan komentar, atau membagikan postingan. 

Semakin besar grup komunitas, semakin tinggi potensi kamu untuk menumbuhkan pengikut dalam waktu relatif singkat. 

Demikianlah informasi mengenai cara menambah follower Instagram secara organik yang dapat kamu coba. 

Related Posts

Leave a Comment