Home Tanpa Modal Cara Mendapatkan Lebih Banyak Viewer di Youtube (2021)

Cara Mendapatkan Lebih Banyak Viewer di Youtube (2021)

by Justin Sutanto

Bagaimana cara menambah viewer Youtube? Anda bisa menerapkan tips-tips dalam artikel ini, yang akan membantu Anda melangkah sukses dalam Youtube channel dengan menggunakan Youtube Optimization Strategy.

Seperti kita ketahui tujuan utama setiap Content Creator adalah Youtube dapat merekomendasikan konten mereka, bahkan saat audiens tidak mencarinya. 

Nah, sebagai seorang Content Creator, Anda harus memahami  apa yang disebut dengan metrik atau pengukuran utama untuk mencapai tujuan tersebut.

Baca juga: Ini Hal yang Wajib Kamu Ketahui tentang YouTube AdSense

Tips Penting untuk Mendapatkan Viewer Lebih Banyak 


Nah, inilah beberapa cara menambah viewer YouTube yang perlu Anda ketahui.

1. Anda Perlu Meningkatkan Good Watch Time

Youtuber yang sukses tidak hanya tergantung pada jumlah viewer dan subscribers. Agar YouTube menguntungkan video Anda dalam algoritmanya, Anda perlu memiliki Good Watch time

  • Watch Time adalah durasi waktu yang dihabiskan oleh audiens untuk menonton video Anda.
  • Youtube adalah platform konten yang akan menguntungkan content creator yang mampu membuat konten yang baik dan membuat subscribers menonton channel mereka selama mungkin.
  • Cara meningkatkan waktu tonton atau  watch time, agar Anda bisa mendapatkan lebih banyak views dan subscribers adalah dengan mengecek Key Analytics.

Youtube Analytics dapat memberikan banyak kunci mengapa video Anda tidak ditonton  banyak orang, sehingga Anda dapat mengetahui cara memperbaiki pembuatan  video di Youtube ini.

Berikut ini cara-cara yang diberikan oleh  Youtube Analytics agar Anda bisa membuat video yang mampu mendorong audiens untuk berlama-lama di channel Anda.

Cek Creator Studio YouTube Channel

  • Lihat bagian Watch Time report, tepatnya di Audience Retention.
  • Di bagian Audience Retention, Anda bisa melihat sejumlah angka yang menjelaskan banyak hal terkait average view duration dan average percentage viewed. 
  •  Jika Anda klik per video, terdapat bagian absolute audience. Bagian ini menunjukkan di sekuen mana, audiens mulai berhenti melihat video Anda dan di sekuen mana mereka akan kembali menonton. 
  • Sementara relative audience retention menggambarkan performance video Anda dibandingkan video dengan panjang yang sama.
  • Dengan demikian, Anda bisa mencoba memahami apa yang perlu diperbaiki pada video Anda serta meningkatkan watch time.

Leverage Playlist

Leverage Playlist adalah sebuah cara menambah Viewer YouTube yang mendasar, tetapi keberadaannya sangat penting. Pasalnya Playlist akan meningkatkan kesempatan video-video Anda direkomendasikan YouTube pada audiens yang telah melihat video Anda.

Sebaliknya, jika Anda tidak memiliki playlist, YouTube akan merekomendasikan video pesaing atau video lainnya. 

Dengan menerapkan playlist ini, Anda dapat meningkatkan kesempatan dan menunjukkan pada YouTube jika Anda membuka peluang bagi audiens melihat konten Anda.

  • Tambahkan Playlist ini di homepage Anda, sehingga audiens bisa melihat daftar video Anda selengkapnya.
  • Buka Customize Channel dan klik “Add a section” di Homepage dan YouTube channel Anda. 
  • Klik “Single Playlist” pilih “Horizontal row” agar mudah dilihat. Setelah itu Anda bisa mengatur video yang ingin Anda tampilkan.

Tambahkan Info Card dan End Screens

Agar video YouTube Anda lebih optimal, fitur End Screens serta info card ini bisa Anda manfaatkan. Keduanya juga dapat mendorong audiens untuk menonton konten Anda. 

  • Melalui End Screens, YouTube akan melihat jika Anda mendorong audiens lebih lama berada di platform YouTube. 
  • Jangan lupa menambahkan CTA (Call to Action) dan link website pribadi agar audiens dapat mengunjungi website Anda.
  • Sedangkan Info Card merupakan tampilan kotak video yang berisi info terkait video Anda. Tambahkan info Card ini pada video Anda sehingga audiens dapat melanjutkan menonton video Anda yang lainnya.

2. Membuat Judul

Untuk menambah viewer, Anda bisa menambahkan beberapa hal penting saat membuat judul, seperti berikut ini:

  • Tambahkan Keyword yang diletakkan di awal judul. 
  • Tambahkan kata-kata menarik yang ditulis di dalam kurung di luar kalimat dalam huruf besar seperti [SHOCKING!!], [NEW DISCOVERY!!] Atau [REAL STORY!!!]
  • Tambahkan tahun ter-update di belakang judul, misalnya “Cara Menambah Viewer Youtube 2020″.

3. Mendesain Thumbnail YouTube

Thumbnail pada video berfungsi untuk mempercepat tampilan menu pada video di aplikasi YouTube. 

  • Buatlah desain Thumbnail Anda sendiri yang menarik. 
  • Anda bisa menggunakan canva.com secara gratis. 
  • Tambahkan warna seperti kuning, ungu, hijau, merah, atau biru pada Thumbnail Anda untuk menarik perhatian dan tampil beda. 

Thumbnail ini menjadi kunci sukses YouTuber untuk menampilkan halaman muka yang unik sehingga pemirsa akan penasaran untuk menonton video Anda.

Tips Tambahan: Tambahkan Deskripsi pada YouTube Anda

Jangan lupa tambahkan deskripsi untuk menjelaskan tentang video YouTube Anda secara detail, yang dilengkapi dengan kata kunci di bawah video tersebut. 

Gunanya untuk memudahkan pemirsa menemukan video tersebut saat melakukan penelusuran.  

4. Tambahkan Tags

Tags merupakan keyword ke-2 yang bisa ditambahkan pada video YouTube Anda. Gunanya untuk memudahkan audiens menemukan konten-konten video Anda selengkapnya.

 Ingat pilih Tags yang terkait dengan video Anda untuk membantu pemirsa mencari konten video sesuai keinginan mereka. 

Nah, itulah beberapa cara menambah viewer YouTube yang bisa Anda praktikan. Meskipun tampak sederhana, tetapi hasilnya luar biasa. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Leave a Comment