Home Others Cara Menggunakan Aplikasi Linktree untuk Instagram

Cara Menggunakan Aplikasi Linktree untuk Instagram

by Justin Sutanto
Menggunakan dan memanfaatkan aplikasi linktree untuk bisnis

Berbisnis secara digital, baik berupa toko online atau yang lainnya, pasti ingin efektif. Kalau bisa, semua elemen bisnismu tidak terpencar-pencar ke berbagai platform, sehingga sulit ditemukan. Agar semuanya bisa terkumpul dalam satu sumber, kamu bisa memanfaatkan Linktree. Kini, banyak akun bisnis di Instagram yang menggunakannya. Bagaimana cara menggunakan aplikasi Linktree dan apa manfaatnya? Seperti apa contohnya?

Contoh Linktree di Instagram

Seperti apakah contoh pemakaian Linktree di Instagram? Misalnya: kamu mempunyai toko online yang menjual pakaian dan desain template untuk customized T-shirts. Tautan linktree yang terpampang di bio akun Instagram bisnismu akan mempermudah pengunjung mengintip berbagai tautan lain untuk melihat daganganmu.

Misalnya: akun Instagram bisnismu memamerkan barang-barang terbaru yang siap dijual. Namun, tautan linktree yang diklik pengunjung akan mengantarkan mereka ke beberapa tautan lain yang terkait dengan bisnismu. Contoh: website dan blog berisi katalog lengkap setiap dagangan hingga program diskon dan kuis berhadiah.

Contoh lain juga dapat dilihat dari akun Instagram media. Misalnya: satu nama media punya beberapa kanal yang bisa diakses, seperti siaran podcast, blog, YouTube, blog atau website, dan akun media sosial lainnya. Nah, agar pengunjung bisa tahu, tautan linktree akan mengantarkan mereka menuju deretan pilihan kanal tersebut.

Setelah itu, pengunjung bebas mau klik untuk melihat video YouTube atau mendengarkan siaran podcast. Bahkan, bisa juga media sesekali mengadakan kuis berhadiah atau mengundang pendengar untuk berbagi cerita. Pengunjung yang senang ceritanya terpilih sebagai materi konten podcast atau YouTube biasanya akan kembali dan menjadi pendengar setia.

Sekilas Tentang Aplikasi Linktree dan Manfaatnya

Linktree adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk membuat halaman khusus. Halaman tersebut berisi beragam tautan yang terpencar dalam platform berbeda, namun masih berkaitan dengan konten yang dimiliki pengguna. Dengan halaman khusus ini, pengunjung Instagram dapat melihat semua tautan penting yang berkaitan dengan konten pemasang Linktree.

Meskipun lazim dipakai para pengguna Instagram, kamu juga bisa menggunakan Linktree untuk berbagai platform media sosial lainnya. Misalnya: Facebook, Twitter, Twitch, TikTok, YouTube, LinkedIn, dan masih banyak lagi. Bahkan, kamu bisa menggunakannya sebagai tautan menuju website atau blog pribadimu, tautan siaran podcast-mu bila ada, hingga membantu penemuan brand atau bisnis.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Linktree juga dapat dipakai untuk membagikan tautan menuju halaman kuis giveaway hingga Google Form bagi yang ingin meninggalkan komentar atau berbagi cerita.

Tentu saja, sebelumnya kumpulkan dulu semua tautan yang ingin kamu bagi lewat Linktree. Setelah itu, copy link URL Linktree dan paste ke dalam website field yang tertera pada bio akun media sosialmu. Misalnya: di Instagram, Twitter, atau Facebook. 

Dengan cara ini, pengunjung tidak perlu lagi ribet mencari-cari lewat mesin pencari Google. Cukup klik tautan Linktree dan mereka tinggal pilih: mau cek blog, mencari tautan menuju video YouTube, atau mencari siaran podcast? Kamu bahkan tidak perlu update bio kamu di media sosial terus. Cukup update tautan yang mau dibagikan lewat Linktree.

Cara Menggunakan Aplikasi Linktree

Lalu, bagaimana cara menggunakan aplikasi Linktree untuk Instagram?

Sebagai pengguna Instagram, kamu wajib tahu bahwa hanya ada satu tautan atau link yang bisa disematkan ke dalam bio IG. Karena itulah kita membutuhkan Linktree bila ingin mempromosikan lebih dari satu tautan. Tautan Linktree – lah yang akan disematkan ke dalam bio Instagram kamu.

Beginilah cara menggunakan Linktree:

1. Buka Web Linktree.

Untuk masuk ke dalam web Linktree, klik tautan linktr.ee .

2. Lakukan Pendaftaran di Linktree.

Daftarlah dengan klik tombol sign up. Isi data-data yang diperlukan, seperti username, email, password, dan seterusnya.

3. Pilih Kategori yang Ada di Linktree.

Pilih minimal tiga kategori yang kira-kira terkait dengan bisnis kamu. Misalnya: influencer, fashion/beauty, dan brand bila kamu seorang fashion/beauty influencer.

4. Pilih Versi Linktree.

Ada versi gratis dan berbayar. Tinggal pilih salah satu sesuai kebutuhan.

5. Buat Tautan di Linktree.

Untuk mengumpulkan beberapa tautan yang diinginkan, kamu bisa memulainya dengan klik ‘add new link’. Tuliskan tautan yang ingin kamu tambahkan. Lengkapi dengan nama dan keterangan mengenai tautan tersebut. Misalnya: nama blog bisnismu, kanal YouTube, dan lain-lain.

6. Tampilkan Tautan Linktree yang Sudah Jadi di Bio IG.

Semua tautan yang ingin dibagi sudah terkumpul semua di halaman Linktree? Bagus, kini saatnya menyematkan tautan Linktree ke dalam bio Instagram kamu. Caranya tentu saja dengan meletakkan tautan Linktree di bagian website field dalam bio IG.

Nah, beginilah cara menggunakan aplikasi Linktree untuk Instagram. Kamu juga bisa melakukan hal serupa untuk akun Twitter, Twitch, dan Facebook kamu. Bila ingin menambah atau mengurangi tautan, kamu tinggal mengedit halaman Linktree kamu. Setelah itu, kembali bagikan tautan Linktree pada bio Instagram atau media sosial lainnya yang kamu punya.

Related Posts

Leave a Comment