Home Others Dukung Bisnis dengan Konten Visual Marketing, Pasti Sukses!

Dukung Bisnis dengan Konten Visual Marketing, Pasti Sukses!

by Justin Sutanto
Beberapa bentuk konten visual marketing

Sebuah strategi pemasaran yang berbasis konten kini semakin banyak digunakan, tetapi beberapa pelaku usaha atau marketers belum mengetahui potensi dari strategi tersebut. Padahal, sudah ditemukan konten-konten marketing yang mendatangkan banyak sekali kesempatan bagi para pelaku usaha untuk mendapatkan konsumen. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan diulas secara tuntas mengenai konten visual marketing.

Deskripsi Singkat Konten Visual marketing

Seperti namanya, strategi ini menggunakan konten sebagai fokus utama dalam melakukan pemasaran. Biasanya, para pelaku usaha akan menggunakan konten visual yang di dalamnya terdapat gambar, video, bahkan GIF dengan tujuan menyampaikan informasi kepada audiens, membentuk keterikatan emosi, dan mengembangkan bisnis yang sedang dijalani.

Berbeda dengan biasanya, jenis strategi marketing ini tidak hanya menggunakan konten visual, tetapi juga berusaha memahami cara otak dalam memproses konten visual dan menjadikan informasi sebagai langkah kuat dalam menggunakan strategi marketing di dunia yang serba digital ini.

Manfaat Menggunakan Konten Visual Marketing

Visualisasi telah terbukti dalam meningkatkan suatu proses pembelajaran dan juga pemahaman, meningkatkan motivasi untuk memberikan aksi pada seseorang. Maka dari itu, dunia bisnis pun tertarik untuk menggunakannya. Simak manfaat lainnya yang bisa didapatkan ketika menggunakan strategi marketing yang satu ini.

  • Menjadikan topik yang terlihat membosankan jadi lebih menghibur dan menarik
  • Menjadikan informasi lebih mudah dipahami dan diilustrasikan
  • Lebih mudah untuk dibagikan
  • Sangat bersahabat dengan SEO
  • Memberikan keunikan terhadap suatu brand

Rekomendasi Jenis Konten Visual

Beberapa marketers mengalami kesulitan untuk tetap konsisten dalam membuat konten visual. Untuk itu, di bawah ini akan dipaparkan beberapa jenis konten visual yang sangat efektif jika digunakan untuk kepentingan pemasaran.

1. Infografik

Contoh infografik dalam penerapan konten visual marketing

Infografik merupakan salah satu hal yang disukai oleh setiap orang, karena tampilannya yang unik, mudah dibagikan, dan juga memuat banyak informasi di dalam satu grafis. Infografik juga termasuk ke dalam salah satu hal yang dapat menguatkan sistem SEO dalam web. Kamu dapat menggunakannya untuk meningkatkan engagement atau membagikannya langsung pada media sosial.

2. Foto

Contoh konten foto beserta format penyimpanannya

Foto termasuk ke dalam salah satu jenis konten visual yang sangat sering digunakan, bahkan oleh berbagai brand dan perusahaan. Foto sangat mudah untuk diolah dan dapat membantu menambahkan keunggulan pada suatu blog dan konten. Namun, kamu tidak disarankan untuk menggunakan foto yang sama dengan kompetitor.

Gunakanlah foto yang unik dan tidak pernah digunakan oleh yang lainnya. Beberapa rekomendasi jenis foto yang dapat digunakan adalah:

  • Foto produk
  • Foro perusahaan
  • Testimoni konsumen

Kamu juga dapat menggunakan jasa fotografer agar hasil yang dimiliki pun terlihat baik. Buatlah foto tersebut menjadi unik dengan memanfaatkan filter, efek, dan hal-hal pendukung yang lainnya. Dengan begitu, konten visual marketing pun dapat dipahami oleh audiens.

3. Video

Contoh video promosi

Seseorang yang selalu menggunakan YouTube pasti tidak asing lagi dengan yang namanya video. Strategi pemasaran melalui video dinilai efektif, apalagi jika diunggah di platform YouTube. Dalam membuat video pemasaran, di bawah ini merupakan opsi jenis video yang dapat digunakan:

  • Speaker-view video
  • Video eksplanasi
  • Film pendek
  • Screen-sharing video
  • Video informal mengenai perusahaan

Kamu dapat mengunggah video yang telah dibuat tersebut pada blog dan YouTube untuk menjangkau lebih banyak audiens sehingga bisnis yang sedang kamu jalani dapat dikenal banyak orang.

Baca juga: 4 Strategi Video Content Marketing untuk Bisnis Kamu Viral

4. Ilustrasi

contoh ilustrasi

Ilustrasi termasuk ke dalam salah satu jenis konten visual yang mudah untuk diaplikasikan. Bahkan ilustrasi dianggap sebagai langkah yang paling sering diperhatikan karena keunikan, imajinasi, dan orisinalitas yang dimilikinya. Tujuan penggunaannya pun adalah untuk memperindah blog headers, postingan media sosial, dan dapat juga digunakan untuk yang lainnya.

Selain jenis konten visual di atas, terdapat pula jenis konten visual yang lainnya yang dapat kamu manfaatkan, di antaranya adalah calls-to-action, visual interaksi, slideshows, visualisasi data, GIFs dan Meme, dan juga screenshots.

Langkah Tepat Mendongkrak Bisnis dengan Konten Visual

Bagi kamu yang ingin mengembangkan bisnis, lakukanlah langkah di bawah ini dengan menggunakan konten visual agar proses pemasaran menjadi lebih menarik dan juga unik.

1. Membagikan Statistik yang Menarik

Bagikanlah data statistik yang menarik, tetapi tetap dapat dipercaya dan kredibel. Bahkan adanya data statistik ini dipercaya mampu membuat konten menjadi lebih memikat. Dengan begitu, cobalah untuk mempertimbangkan langkah yang satu ini.

2. Membuat Tutorial

Konten yang mengedukasi juga salah satu hal yang diminati banyak audiens. Kamu dapat menggunakan menciptakan video mengenai tutorial suatu hal yang bermanfaat. Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa konten tersebut akan banyak diminati pengunjung.

3. Menambahkan Akun Media Sosial

Hal ini dapat kamu lakukan ketika membuat suatu poster atau unggahan. Sertakan nama media sosial resmi sebagai profil. Hal ini dapat membantu calon konsumen untuk melihat-lihat terlebih dahulu produk yang ditawarkan untuk kemudian membeli produknya.

Itulah langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengembangkan bisnis menggunakan konten visual marketing. Pastikan bahwa langkah yang dilakukan telah dipikirkan dengan matang agar tidak mengalami kendala yang berarti saat menerapkannya. 

Related Posts

Leave a Comment