Home Pakai Modal Facebook Ads 2021, dari Pemula Hingga Menjadi Pakar

Facebook Ads 2021, dari Pemula Hingga Menjadi Pakar

by Justin Sutanto

Facebook merupakan media sosial dengan jumlah pengguna aktif terbanyak di dunia. Tercatat pada Agustus 2020, jumlah pengguna aktifnya mencapai 2,7 miliar–baru diikuti oleh YouTube dan WhatsApp yang masih berada di angka 2 miliar.  Oleh karena itu, platform ini pun menjadi ladang hijau untuk berjualan serta mengiklankan produk agar mencapai sales target.  Untuk mendukung hal tersebut, Facebook pun menghadirkan Facebook Ads. Seperti namanya, cara menggunakan Facebook Ads dirancang secara khusus oleh Facebook untuk memberikan kemudahan bagi para pemilik bisnis atau pengiklan untuk mendesain iklannya sesuai kebutuhan. Menggunakan algoritma spesifik, Facebook akan membantu pemilik bisnis dalam menyebarkan iklan sesuai dengan target pasar yang diharapkan, seperti berdasarkan pekerjaan, usia, pendidikan, hobi, wilayah geografis, dan sebagainya. Cara menggunakan Facebook Ads pun tidaklah terlalu sulit meski cukup kompleks. Namun tenang saja, panduan berikut ini akan membantu dari newbie menjadi expert Facebook Ads!

Baca juga: Ini Hal yang Wajib Kamu Ketahui tentang YouTube AdSense

Ketahui Dulu Beberapa Istilah Dasar


Sebelum membahas lebih jauh secara teknik, kenali dulu beberapa istilah dasar serta cara menggunakan Facebook Ads seperti berikut.

Campaign

Campaign merupakan elemen fundamental dari struktur Facebook Ads tempatmu memilih sekaligus menentukan objective dari masing-masing iklan yang akan kamu jalankan. Adapun Campaign dapat diibaratkan sebagai sebuah folder yang berisi dari satu atau beberapa Ad Set.

Ad Set

Ad Set merupakan struktur Facebook Ads tempatmu menentukan target, jadwal, anggaran, penawaran, dan penempatan iklan.  Sebagai ilustrasi, jika kamu akan menjual sebuah pena, maka Facebook Ads akan menentukan siapa saja pengguna Facebook yang akan mendapat iklan tersebut berdasarkan target pasar yang kamu tentukan berdasarkan beberapa parameter yang telah disebutkan sebelumnya. Adapun Ad Set dapat terdiri dari satu ata beberapa ad.

Ad

Ad merupakan bagian terkecil dari sebuah struktur Facebook Ads. Adapun Ad merupakan materi dari iklan yang akan ditampilkan—dapat berupa gambar, video, teks, dan sebagainya. Tentunya, kamu pun harus mendesain Ad dengan sebagus dan semenarik mungkin agar mendapat atensi user Facebook yang menjadi target pasarmu.

Memulai dengan Facebook Business Manager


Business Manager merupakan fitur yang dibuat Facebook untuk membantu pemilik iklan melakukan pengelolaan dan pengaturan laman Facebook serta akun iklannya. Fitur yang diberikan secara gratis ini tidak terikat pada akun pribadi si pemilik iklan.

Kamu perlu mengakses business.facebook.com untuk mengelola Facebook Business Manager. Jika belum memiliki akun, maka pilih pilihan Create Account. Langkah-langkahnya pun sangat mudah, tak jauh berbeda dengan pendaftaran Facebook reguler. Namun tentunya, setelah itu kamu perlu melanjutkan beberapa langkah lanjutan seperti membuat Fanspage, Add Account, dan Add People.

Jika sudah selesai atau mempunyai akun Facebook Business Manager, maka pilih saja opsi Log in. Begitu masuk, kamu akan mendapati laman yang berisi daftar akun dan halaman iklan yang dimiliki. Di bagian paling atas juga terdapat opsi untuk meningkatkan keamanan akun yang dapat kamu atur sesuai kebutuhan.

Memulai dengan Add Account

Langkah paling awal adalah dengan memulai bagian Add Account. Perhatikan langkah-langkah berikut untuk memulai beriklan.

  1. Klik salah satu akun yang berada di daftar Add Account. 
  2. Layar akan menampilkan daftar yang terbagi atas tiga bagian (struktur) utama: Campaign, Ad Set, dan Ad.
  3. Untuk mulai beriklan di Facebook, klik tombol Create berwarna hijau yang berada di sisi kiri layar, di bawah menu Accounts Overview.
  4. Layar akan menampilkan beberapa opsi tentang marketing objective. Sebagai langkah awal yang tidak aka terlalu memusingkanmu, pilih Traffic.
  5. Scroll down layar dan kamu akan menemukan kotak dialog untuk perintah Campaign Name. Isilah kolom tersebut, lanjutkan dengan Continue.
  6. Kamu akan dibawa menuju pengaturan Ad Set.

Melanjutkan dengan Audience

Bagian ini akan membahas mengenai pengaturan Audience. Dengan asumsi bahwa kamu masih belum mempunyai audiens, berikut langkah-langkah selanjutnya setelah mencapai laman Ad Set.

  1. Pada bagian tengah laman, kamu akan menemukan section Audience.
  2. Pada bagian Create New Audience, kamu akan menemukan beberapa pilihan.
  3. Custom Audience

Fitur ini memungkinkan Facebook mengirim iklan kepada orang-orang yang sudah pernah mengunjungi situsmu, page di Facebook, grup, dan sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan data orang-orang yang sudah pernah membeli produkmu. 

Lookalike Audience

Fitur ini memungkinkan Facebook menyebar iklan lebih luas ke target pasar yang memiliki kemiripan dengan orang-orang yang sudah pernah membeli produkmu. Seperti contoh, ada 100 orang yang telah membeli sebuah produkmu. Facebook akan menggunakan algoritmanya untuk menemukan orang-orang yang memiliki kemiripan dengan 100 orang tersebut untuk kemudian dijadikan target iklan sehingga memperbesar peluang sukses.

Adapun bagian Used Saved Audience berisi daftar orang-orang yang sudah pernah membeli produkmu.

  1. Pilihlah produk yang akan kamu iklankan di situs afiliasi marketing. Carilah iklan yang juga memberikan beberapa informasi mengenai target produk mereka (misal untuk produk penurun berat badan A, sebanyak 80% konsumennya adalah wanita berusia 20-40 tahun, lokasi konsumen terbanyak, dan sebagainya). Jika tidak, maka kamu perlu melakukan riset tersendiri atau bahkan sekadar menebak-nebak.
  2. Di bagian Location, kamu tinggal memasukkan daerah mana yang akan disasar. Kamu bisa memasukkan beberapa negara sekaligus pada fitur ini.

Di sisi kanan, kamu juga dapat melihat bagian Audience Size yang berisi seberapa besar potensi market untuk produkmu. Semakin banyak lokasi yang dipilih, semakin besar pula jumlah potential reach yang terbentuk.

  1. Isilah beberapa parameter lainnya berdasarkan informasi yang ada di poin 9. Namun setelah kamu membuat target pencarian lebih spesifik, maka Audience Size pun akan turut berkurang jumlahnya karena pengiklanan akan dilakukan lebih terfokus pada pasar dengan potensi keberhasilan yang lebih tinggi. Jika semua telah sesuai, pilih perintah Save.

Memilih Platform

Facebook Ads memungkinkamu untuk beriklan di berbagai platform media sosial lainnya. 

  1. Berilah tanda centang pada fitur-fitur Facebook (dapat juga media sosial lainnya) yang akan digunakan sebagai tempat untuk beriklan seperti Feeds, Stories, dan sebagainya.
  2. Di bagian bawah, kamu akan menemukan Show More Options. Kamu bisa menentukan apakah iklan secara spesifik ditampilkan pada target market yang mengakses via desktop atau mobile
  3. Di bagian Budget, kamu bisa mengisinya sesuai info yang dimiliki atau membiarkan Facebook saja yang mengaturnya untukmu. 
  4. Jika semua telah selesai dan sesuai, klik Continue.

Mengisi Ad

Setelah semua pengaturan Campaign dan Ad Set dilakukan, saatnya kamu mengatur materi atau konten iklan. 

  1. Pilih format yang kamu kehendaki (umumnya pilih saja format Single)
  2. Masukkan foto atau video yang sudah disiapkan. Kamu juga bisa mendapatkan foto atau video pendukung dari berbagai situs lain (gunakan secara bijak).
  3. Saat proses upload berlangsung, kamu bisa mengisi informasi produk pada kolom yang tersedia (Primary Text). Untuk program afiliasi, ada baiknya kamu menggunakan informasi resmi yang mereka berikan.
  4. Simpan seluruh proses.
  5. Selesai.

Nah, itulah cara menggunakan Facebook Ads, Selamat mencoba!

Related Posts

Leave a Comment