Home Others Info Penting! Ini Cara Optimasi Google My Business

Info Penting! Ini Cara Optimasi Google My Business

by Justin Sutanto
Ilustrasi cara optimasi google my business

Pernahkah kamu mendengar tentang Google My Business? Salah satu cara mudah meningkatkan pencarian tentang bisnismu dan mendatangkan pelanggan adalah dengan optimasi Google My Business. Mengapa demikian dan bagaimana cara optimasi Google My Business yang efektif? Simak ulasan berikut.

Tentang Google My Business

Google My Business adalah  tools gratis dari Google yang membantu pemilik bisnis mengelola kehadiran bisnis secara online di seluruh mesin pencarian. Melalui alat ini, kamu bisa mendapatkan informasi mengenai:

  • Kategori bisnis.
  • Jam operasional. Termasuk di dalamnya, waktu kunjungan populer.
  • Nomor telepon yang bisa diakses dengan cepat karena kamu bisa langsung terhubung dalam sekali klik.
  • Tautan ke situs marketing dan google maps.
  • Rating dan ulasan pengguna yang terkadang disertai gambar.
  • Ketersediaan tempat parkir, toilet, dan fasilitas umum lainnya.
  • Informasi bisnis terkait.

Alasan Menggunakan Google My Business

Ilustrasi google my business

Ada beberapa alasan mengapa kamu perlu mempertimbangkan menggunakan Google My Business, antara lain:

1. Membuat Bisnis Lebih Mudah Ditemukan

Meskipun sebagian besar informasi tentang bisnis dapat ditemukan di situs web, Google My Business akan mengindeks konten yang kamu berikan. Konten ini secara konsisten tampil di seluruh penelusuran Google dan Maps (Google Local Guides ). Kamu juga dapat meninjau dan mengedit pencantuman google tersebut.

2. Mudah Digunakan

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk membuat bisnis kamu muncul di halaman pencarian. Namun, Google My Business adalah cara termudah dan terbaik untuk memberitahu pelanggan. Karena pelanggan bisa mendapatkan informasi asli tentang bisnis, langsung dari pemiliknya. 

3. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen dan Pendapatan Bisnis

Survey Google menunjukkan bahwa 70% pelanggan lebih cenderung mengunjungi bisnis yang telah tercantum di Google My Business. Hal ini karena mereka lebih percaya pada bisnis dengan cantuman lengkap di Google. Kepercayaan itu juga didukung oleh ulasan-ulasan positif dari pengunjung sebelumnya.

Semakin banyak orang percaya pada bisnis kamu dan berkunjung, maka pendapatan bisnis juga akan meningkat.

Cara Mendaftar Google My Business

Tertarik mendaftarkan bisnis kamu di Google My Business? Ikuti langkah berikut ini:

1. Akses Google Bisnisku

Kunjungi laman Google My Business yang disediakan oleh Google, kemudian klik tombol “Mulai”.

2. Isi Formulir Pendaftaran

Masukkan nama bisnis, alamat, dan informasi lainnya yang sesuai dengan formulir. Perlu diingat untuk memasukkan informasi yang benar, akurat, relevan, dan sesuai dengan pedoman Google.

3. Lakukan Verifikasi

Setelah menyelesaikan proses pendaftaran, kamu perlu melakukan verifikasi akun melalui email yang telah kamu cantumkan di awal.

Setelah berhasil melakukan verifikasi, bisnis kamu telah terdaftar di Google My Business. Coba lakukan pencarian dengan kata kunci yang relevan atau menggunakan nama bisnis kamu.

Cara Optimasi Google My Business

Ilustrasi cara optimasi google my business

Setelah mendaftar di Google Bisnisku, bukan berarti telah selesai. Kamu perlu melakukan optimasi agar tools google ini memberikan hasil yang maksimal. Berikut cara optimasi Google My Business:

1. Lengkap Profil Bisnis

Agar pelanggan mudah menemukan bisnis kamu, berikan informasi profil bisnis yang lengkap dan akurat. Informasi ini meliputi: nama bisnis, alamat, kontak yang bisa dihubungi, kategori bisnis, dan jam operasional. Profil bisnis yang lengkap dan akurat ini juga akan menciptakan first impression yang baik untuk calon pembeli. Selain itu, tambahkan deskripsi singkat mengenai bisnis kamu untuk meningkatkan SEO.

2. Verifikasi Listingan

Listingan adalah wadah untuk memamerkan foto seputar bisnis kamu. Foto ini diperlukan untuk membuat bisnismu lebih menarik dan meningkatkan kepercayaan calon pembeli. Untuk memunculkan listingan tersebut, kamu perlu melakukan verifikasi email.

3. Gunakan Insight

Insight adalah cara melihat bagaimana calon pembeli menghubungi kamu melalui jalur listingan. Adapun informasi yang harus tercantum dalam insight ini, antara lain:

  • Cara pelanggan menemukan bisnismu. Apakah melalui pencarian langsung, google maps dan penelusuran google, bisnis terkait, atau melalui kategori bisnis.
  • Reaksi pelanggan ketika menemukan listingan. Reaksi ini dapat berupa meminta petunjuk arah, melihat gambar, atau pergi tanpa melakukan aksi apa pun.
  • Frekuensi orang melihat foto dalam listingan.
  • Melihat berapa banyak orang yang meminta petunjuk arah dan melakukan panggilan telepon.

4. Unggah Foto Berkualitas.

Foto merupakan salah satu aspek vital dalam penjualan online. Foto yang bagus akan memikat pembeli, begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, unggah foto yang berkualitas, jelas, tidak blur, dan relevan dengan bisnis kamu.

Baca juga: Modal Kamera HP, Jual Foto Online Kamu di 10+ Aplikasi Ini!

5. Merespons Ulasan

Melibatkan pelanggan dalam bisnis kamu dengan merespons ulasan yang mereka berikan. Dengan merespons ulasan, kamu dapat memastikan pelanggan mendapatkan pengalaman belanja yang menyenangkan. Selain itu, pelanggan juga merasa diperhatikan dan dipedulikan.

6. Promosi dengan Google Post

Google post adalah alat pendukung bagi pemilik bisnis untuk mempromosikan bisnis mereka. Cara ini lebih efektif dibanding membagikan informasi melalui media sosial. Karena jangkauannya lebih luas dan kontennya beragam. Kamu bisa menggunakan alat ini untuk memberikan penawaran atau informasi terbaru bisnis kamu.

7. Unggah Video

Konten video dinilai lebih menarik dibanding foto. Karena melalui video, pelanggan bisa mendapatkan gambaran lengkap mengenai bisnis yang ditawarkan.

Baca juga: 4 Strategi Video Content Marketing untuk Bisnis Kamu Viral

8. Gunakan Fitur Short Names

Merupakan fitur google yang dapat digunakan untuk mempersingkat nama bisnis menjadi tautan pendek. Melalui tautan pendek ini, informasi bisnis kamu jadi lebih mudah dibagikan.

Nah, demikian cara optimasi Google My Business. Ingin bisnis kamu meningkat pesat dan dikunjungi banyak pembeli? Lakukan optimasi Google Bisnisku sekarang juga!

Related Posts

Leave a Comment