Home Pakai Modal Ingin Bisnis Kuliner Makin Laku? Ini Cara Daftar GrabFood

Ingin Bisnis Kuliner Makin Laku? Ini Cara Daftar GrabFood

by Justin Sutanto

Apakah kamu baru memulai sebuah usaha kuliner? Jika iya, kamu harus tahu kalau tren bisnis kuliner saat ini lebih mengarah ke konsep serba digital, di mana pelanggan tidak lagi diharuskan datang ke kedai hanya demi membeli menu kesukaan. Mereka cukup memesannya melalui smartphone.  Nah, apakah kamu sudah memiliki langkah praktis buat menghadapi tren ini? Belum punya? Tenang! Coba deh, baca informasi mengenai kemitraan sekaligus cara daftar GrabFood berikut ini. Bila kamu pelajari dan jalani dengan serius, usaha kuliner milikmu dijamin berkembang pesat. 

Baca juga: Kunci Sukses Jual Makanan Online dan Pasti Laris!

Definisi dan Manfaat GrabFood


GrabFood sejatinya merupakan layanan kemitraan pesan antar makanan dan minuman dari Grab—sebuah platform layanan on demand bergerak pada industri transportasi, pengiriman, serta keuangan. 

Dengan menjadi mitra GrabFood, kamu akan mendapatkan berbagai keuntungan, antara lain:

  1. Popularitas produk kulinermu semakin meningkat. Calon pelanggan umumnya mencari menu melalui fitur pencarian dengan menggunakan kata kunci nama produk bukan nama restoran. Sebab itulah, kemungkinan produkmu terlihat oleh pembeli lebih besar. 
  2. Jangkauan pasar lebih luas. Dengan puluhan hingga ratusan ribu driver yang siap membantu, pengantaran pesanan pastinya tidak akan lagi terhambat oleh jarak.
  3. Kenyamanan pembeli lebih terjamin. Pelanggan tak harus merasakan panasnya udara di luar atau sesaknya berdesakan di dalam angkutan umum hanya untuk membeli menu favorit mereka. 
  4. Lebih praktis dan efisien. Dalam prosesnya, GrabFood hanya memerlukan ponsel dan koneksi internet. Hal ini memungkinkan pelanggan memesan menu favorit kapan pun dan di mana pun.
  5. Omset dipastikan meningkat. Menjadi mitra GrabFood tentu akan menambah penghasilan toko karena banyak pelanggan jauh yang terbantu untuk membeli. 

Persiapan Sebelum Mendaftar sebagai Mitra 


Pastikan kamu telah mempelajari serta mempersiapkan hal-hal penting berikut sebelum mengakses website pendaftaran online mitra GrabFood!

1. Koordinat Kedai

Jangan sampai kamu salah menginput lokasi kedai kulinermu! Kesalahan lokasi bisa mempersulit proses pesan antar driver nantinya. Oleh sebab itu, kamu sebaiknya mengecek koordinat restoran melalui aplikasi Google Maps terlebih dahulu.

Caranya? Ketik alamat kedai secara lengkap di laman Google Maps. Kemudian, pastikan bahwa titik koordinat (ditandai oleh pin berwarna merah) di maps telah merujuk pada kedai kamu. Bila sudah sesuai, salin titik koordinat dengan cara klik kanan pada komputer atau tahan pin pada layar ponsel.

Titik koordinat ini nantinya akan digunakan pada saat pengisian formulir pendaftaran. 

2. Besaran Harga Tertera pada Aplikasi

Kamu perlu tahu kalau pengembang aplikasi mensyaratkan sistem bagi hasil (profit sharing) sebesar 30% tidak termasuk PPN dari keseluruhan pesanan yang masuk per harinya. Artinya, kamu harus menghitung ulang harga menu dari kedaimu. 

Triknya adalah kamu bisa menaikkan harga menu pada aplikasi GrabFood. Dengan kata lain, harga pada aplikasi lebih tinggi dibandingkan harga aslinya. 

3. Informasi Menu

Tak seperti buku menu di kedai, menu pada aplikasi digital haruslah terlihat lebih menarik dan menggiurkan. Caranya? Gunakan foto beresolusi tinggi, berorientasi landscape, dan berwarna terang.

Satu hal terpenting adalah hindari penggunaan foto dari internet karena kamu akan terkena sangkaan pelanggaran hak cipta.

4. Dokumen Pribadi

Pendaftaran juga memerlukan beberapa dokumen pribadi, seperti KTP, NPWP, email, dan buku rekening. 

Bila belum memiliki salah satu dari dokumen di atas, kamu wajib mengurusnya terlebih dahulu. 

Prosedur Pendaftaran GrabFood


Proses pendaftaran akan menjadi sangat cepat dan sederhana jika kamu sudah mempersiapkan semua poin tertulis di atas dan mengikuti cara daftar GrabFood berikut ini. 

1. Buka Laman Kemitraan Grabfood

Laman resmi pendaftaran mitra GrabFood Indonesia hanya bisa diakses melalui https://www.grab.com/id/merchant/food 

2. Isi Formulir Pendaftaran Awal

Saat pertama kali mendaftar, kamu akan diminta untuk melengkapi nama restoran, alamat bisnis, kota, nama pemilik (nama depan & belakang), nomor handphone, alamat surel, dan perkiraan jumlah pembeli per harinya. Setelah semuanya terisi, pastikan kamu meng-klik tombol daftar untuk mengakhiri pendaftaran awal.

3. Cek Email Terdaftar dan Lakukan Verifikasi Pendaftaran

Grab akan mengirimkan link verifikasi pada surel yang kamu daftarkan sebelumnya. Sebab itu, bukalah email-mu dan klik link dari tim Grab tersebut. 

Setelah di-klik, kamu akan dibawa ke halaman bantuan Grab. Baca dan pahami semua informasi tersedia secara cermat sebelum melanjutkan pendaftaran. 

Apabila sudah mengerti dan setuju, scroll layar sampai bawah dan kamu akan menemukan formulir lanjutan untuk diisi. 

4. Isi Detail Informasi Toko pada Formulir Tersedia

Pada tahap inilah semua persiapan sebelumnya diperlukan, mulai dari titik koordinat, jadwal buka kedai, hingga foto menu. Pastikan untuk tidak terburu-buru dalam pengisian data. 

Bila kamu membutuhkan contoh pengisian, kamu bisa manfaatkan bantuan yang sudah disediakan oleh tim Grab, berupa tombol biru bertulisan “Tips Mengisi Formulir”. 

5. Tunggu Hasil Pemeriksaan Tim Grabfood

Setelah semua proses terlewati, kamu hanya tinggal menunggu pihak Grab melakukan pemeriksaan data. Bila kedaimu dinyatakan oke sebagai mitra, kamu biasanya akan dihubungi melalui SMS atau email.

6. Tanda Tangan Surat Perjanjian Kemitraan

Langkah terakhir adalah kamu akan menerima perjanjian kerja sama sebagai landasan hukum kemitraan.
Nah, sudah paham cara daftar GrabFood, bukan? Mulailah mendaftar sekarang juga agar bisnis kulinermu semakin berkembang.

Baca juga: Sepi Pembeli? Simak Tips Sakti Membuat Toko Online Laris

Related Posts

Leave a Comment