Home Tanpa Modal Keren! Ini Cara Mudah dan Praktis dapat Uang dari Podcast

Keren! Ini Cara Mudah dan Praktis dapat Uang dari Podcast

by Justin Sutanto

Kondisi sulit akibat pandemi Covid-19 setahun ini membuat banyak orang mencari peluang mendapatkan penghasilan dari rumah. Untungnya, kemajuan teknologi beberapa dekade belakangan cukup pesat sehingga ada banyak sekali pilihan platform yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang dari konten internet. Jika beberapa tahun lalu banyak orang yang mendapat penghasilan dari Youtube dan Instagram. Belakangan podcast menjadi “ladang uang” potensial bagi para content creator yang ingin mendapat uang dari karya mereka. Bermodalkan perangkat audio dan perekam suara, Anda bisa mendistribusikan konten di beberapa hosting seperti Anchor dan Spotify.

Di platform seperti Anchor dan Spotify pun sudah ada fitur khusus agar pengguna dapat memonetisasi konten podcast dan mendapat penghasilan. Tapi selain itu, ada beberapa cara dapat uang dari podcast lainnya yang bisa dijadikan referensi.

Baca juga: Cara Membuat Podcast di Aplikasi HP (Simpel dan Praktis)

Tips Cara Mendapatkan Uang dari Podcast


1. Menerima Iklan

Konten populer biasanya mendapatkan tawaran sponsor untuk mendapatkan slot promosi di tayangan mereka baik dalam bentuk endorsement, business exposed, atau Adlib. Dari tawaran sponsor inilah biasanya uang didapatkan tergantung kesepakatan podcaster dan pihak yang memasang iklan.

Jadi bila ingin mendapatkan uang dari podcast, mulailah membuat konten menarik dan berkualitas untuk mendapatkan banyak pendengar. Semakin populer konten Anda, semakin besar pula peluang memperoleh penghasilan tambahan dari tawaran iklan.

2. Konten Eksklusif 

Cara dapat uang dari podcast juga bisa dilakukan dengan membuat konten eksklusif. Artinya, pendengar hanya bisa mendengarkan karya di platform tertentu yang telah bekerja sama dengan Anda. Jadi misalnya, Anda bekerja sama dengan Spotify untuk mendistribusikan sebuah konten podcast. 

Pendengar yang ingin menikmati podcast Anda mau tidak mau harus berlangganan Spotify, sebab konten tersebut tidak bisa didengarkan di sembarang platform atau hosting. Dari kerjasama dengan Spotify inilah Anda akan memperoleh penghasilan. Semakin populer karya tersebut, semakin besar pula penghasilan dari konten eksklusif kita. 

3. Premium Podcast

Di luar negeri, banyak ditemukan podcast premium yang mengharuskan pendengar untuk membayar agar bisa menikmati konten tersebut. Hal ini juga bisa kita lakukan di Indonesia, terutama jika konten yang dihasilkan memiliki basis penggemar khusus dan pendengar setia yang cukup banyak.

Karena premium, podcast berbayar ini biasanya tidak didistribusikan di hosting gratis seperti Anchor. Penggemar yang berlangganan akan mendapatkan akses khusus agar bisa mendengarkan konten, berdiskusi langsung dengan podcaster, ataupun memperoleh benefit lainnya.

4. Guest Spot

Dalam dunia podcast ada istilah guest spot, yaitu bintang tamu membayar agar bisa tampil di konten kita. Biasanya yang mendapat tawaran ini adalah podcaster dengan jumlah pendengar cukup banyak dan memiliki insight tinggi. Guest spot sendiri sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak. Podcaster akan mendapatkan uang dari bintang tamu, sementara bintang tamu mendapatkan exposure yang membuat mereka semakin dikenal orang. 

5. Donasi dari Pendengar

Saat ini ada banyak sekali platform digital yang mendukung para content creator seperti podcaster untuk mendapatkan penghasilan. Platform tersebut menyediakan tempat khusus agar para podcaster dan pendengarnya bisa berinteraksi langsung. Di platform ini, pendengar juga bisa berdonasi agar podcaster favorit mereka bisa tetap berkarya.

Di Indonesia sendiri, ada banyak platform yang bisa dipilih sehingga kita bisa mendapatkan penghasilan dari donasi pendengar. Beberapa di antaranya adalah Gokreator, Saweria, Trakteer, KaryaKarsa, ataupun Sociabuzz.

Membaca ulasan di atas pasti membuat kita semakin yakin bahwa siapapun bisa mendapatkan penghasilan dari internet, selama mampu menghasilkan konten menarik dan populer. Itulah beberapa cara dapat uang dari podcast sebagai referensi. Semoga bermanfaat

Related Posts

Leave a Comment