Home Others Kupas Tuntas Efektivitas Strategi Giveaway yang Kekinian

Kupas Tuntas Efektivitas Strategi Giveaway yang Kekinian

by Justin Sutanto
strategi giveaway dalam dunia pemasaran

Strategi giveaway belakangan ini semakin marak digunakan oleh pebisnis hingga influencer. Sebagai contoh, permainan “Ikoy Ikoy” oleh influencer sekaligus Youtuber Indonesia bernama Arief Muhammad yang belakangan viral di sosial media. Sebagian orang mungkin menganggap fenomena ini sebagai bagi-bagi duit belaka. Padahal, di balik itu ada manfaat yang didapat oleh pelaku bisnis pemberi giveaway.

Apa saja manfaat tersebut dan bagaimana menerapkan giveaway yang efektif? Jawabannya ada di artikel ini. Yuk, baca sampai selesai!

Apa Itu Strategi Giveaway?

Seorang wanita sedang mengadakan kegiatan giveaway

Sebelum membahas mengenai manfaat dan cara penerapannya, kamu perlu memahami tentang giveaway terlebih dahulu. Giveaway adalah sebuah kontes untuk memberikan hadiah secara gratis kepada audiens atau followers.

Audiens yang mendapatkan hadiah giveaway mungkin berpikir mereka bisa mendapatkan hadiah tanpa perlu mengeluarkan uang. Pada kenyataannya, strategi giveaway ini bertujuan membuat audiens membagikan informasi giveaway di media sosial, email, atau ke lingkungan sekitarnya


Informasi giveaway yang disebar dari mulut ke mulut ini kemudian mengundang rasa penasaran dan berujung pada mendatangkan traffic ke situs kamu. Jadi, giveaway bisa dibilang sebagai strategi pemasaran secara tidak langsung.

Baca juga: Strategi Flash Sale: Solusi Belanja dengan Harga Miring!

Alasan Perlu Melakukan Strategi Giveaway

Melakukan strategi giveaway

Giveaway bukan hanya tentang kenaikan traffic saja. Alasan lain kamu perlu melakukan giveaway adalah karena manfaat berikut ini:

1. Meningkatkan Leads dan Brand Awareness

Leads merupakan orang-orang yang berpotensi menjadi konsumen karena tertarik dengan produk yang kamu tawarkan. Ketertarikan itu semakin tinggi ketika kamu menawarkan giveaway dengan hadiah produk tersebut.

Sebagai contoh, kamu menjual serum untuk menghilangkan jerawat. Suatu hari ada seorang wanita yang sedang mencari serum penghilang jerawat, tapi dia bingung harus menggunakan produk apa. Kemudian wanita itu melakukan riset di instagram dan menemukan brand kamu.

Saat itu kebetulan kamu sedang mengadakan giveaway untuk produk penghilang jerawat tersebut. Syaratnya adalah dengan membagikan postingan brand kamu ke instagram story. Ketika wanita tersebut mengikuti giveaway, maka dia telah membantu kamu meningkatkan leads.

Leads pertama berasal dari wanita yang mengikuti giveaway. Sedangkan leads kedua adalah orang-orang yang tertarik dengan produk kamu karena melihat postingan instagram story wanita tersebut.

Selain leads, brand awareness kamu juga meningkat. Karena akan semakin banyak orang yang tahu tentang giveaway tersebut. Orang-orang ini kemudian ikut membagikannya ke sosial media. Skema berantai ini membuat orang semakin sadar dan tahu brand kamu.

2. Menjalin Komunikasi dan Kepercayaan Konsumen

Melalui giveaway, engagement kamu akan meningkat. Ini merupakan hal penting. Karena engagement yang bagus akan membantumu menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen. Ketika kamu melempar pertanyaan yang berkaitan dengan brand, konsumen akan memberikan feedback. Komunikasi yang baik ini juga akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand kamu.

3. Menghemat Bujet Iklan

Melakukan giveaway sama dengan kamu beriklan secara tidak langsung melalui skema leads. Karena brand kamu disebarkan secara sukarela oleh orang-orang yang ikut giveaway. Jika dihitung-hitung, cara ini lebih menguntungkan dibanding harus mengeluarkan uang untuk pasang baliho. Karena kamu hanya perlu mengeluarkan sejumlah uang atau produk sebagai hadiah. Besarnya uang atau harga produk yang dibagikan tentunya tidak semahal tarif baliho.

Menerapkan Strategi Giveaway secara Efektif

Tips atau cara menerapkan strategi giveaway secara efektif

Sering boncos ketika melakukan giveaway? Yuk, ikuti cara menerapkan giveaway yang efektif dan anti boncos berikut ini:

1. Lakukan saat Momen Tertentu

Alih-alih memberikan giveaway setiap hari, sebaiknya lakukan saat momen tertentu saja. Misal saat pengikut instagram kamu mencapai angka tertentu, saat lebaran, tahun baru, valentine, atau hari penting lainnya.

2. Tetapkan Tujuan Strategi Giveaway yang Jelas

Setiap melakukan giveaway tentu kamu menginginkan engagement dan feedback yang bagus. Oleh karena itu, sebutkan dengan jelas tentang apa perlu dilakukan oleh peserta giveaway. Jika kamu mengharapkan engagement, maka syarat giveaway kamu berhubungan dengan comment and share postingan.

3. Pilih Hadiah yang Sesuai

Kamu juga perlu memperhitungkan nilai hadiah yang diberikan kepada pemenang. Nilai hadiah tersebut haruslah sebanding dan sesuai dengan bujet kamu. Kamu bisa memulai dengan hadiah-hadiah kecil, seperti voucher khusus, produk, atau pengisian saldo dompet digital.

4. Lempar pada Konsumen yang Tepat

Jika giveaway yang kamu lakukan tidak berhasil menaikkan leads atau engagement, berarti ada yang salah. Bisa jadi target audiens kamu tidak tepat. Oleh karena itu, kamu perlu mempelajari tipe audiens dan menggali informasi mengenai tentang apa yang mereka suka atau inginkan.

5. Lakukan Kolaborasi

Kolaborasi dengan pihak lain akan membantu menaikkan engagement kamu. Namun, kamu tidak boleh sembarangan memilih partner kolaborasi. Carilah yang memiliki minat dan target market yang sejalan dengan brand kamu.

6. Gunakan Kalimat Menarik

Kalimat monoton tentu akan membosankan dan membuat konsumen tidak tertarik ikut giveaway. Oleh karena itu, gunakan kata-kata yang bisa membuat audiens terpengaruh.

Sebagai contoh, segera ikut sebelum kehabisan, hanya hari ini, khusus hari ini, gratis produk, dan lain-lain. Kata-kata tersebut akan memancing rasa penasaran audiens hingga akhirnya memutuskan mengikuti giveaway.

Selain itu, gunakan kata-kata yang masuk akal dan apa adanya. Langkah ini bermanfaat untuk membangun kepercayaan audiens terhadap brand kamu 

Demikian strategi giveaway yang efektif dan mendatangkan loyal customer untuk brand kamu. Semakin banyak loyal customer yang kamu datangkan, maka keuntungan brand kamu juga akan mengalami peningkatan. Selamat mencoba tips di atas!

Related Posts

Leave a Comment