Home Others Mengulik Lebih Dalam Konsep Mobile Marketing yang Inovatif

Mengulik Lebih Dalam Konsep Mobile Marketing yang Inovatif

by Justin Sutanto
Konsep mobile marketing

Menjadi pelaku usaha, apalagi jika usaha tersebut baru saja dirintis, maka akan ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan. Namun, perusahaan yang telah berdiri lama pun juga masih harus tetap melakukan pembaruan pada setiap aspeknya, salah satunya strategi pemasaran yang berbasis teknologi. Untuk dapat menerapkan strategi pemasaran yang baik dan benar, kamu harus memahaminya secara mendalam terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk melakukan persiapan sebaik mungkin untuk kemudian dilaksanakannya tahap implementasi. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas mengenai strategi dan konsep mobile marketing agar perusahaanmu kian berkembang!

Baca juga: Dukung Bisnis dengan Konten Visual Marketing, Pasti Sukses!

Apa itu Konsep Mobile Marketing?

Mobile marketing merupakan salah satu langkah memasarkan suatu bisnis untuk menjangkau pengguna perangkat seluler. Jika dilakukan dengan benar, maka mobile marketing tersebut dapat memberikan informasi yang berasal dari calon konsumen yang potensial dan nantinya akan sangat bermanfaat untuk kepentingan proses pemasaran.

Bagi kamu yang baru atau sudah terjun di dunia bisnis, maka penting sekali untuk menerapkan konsep pemasaran yang satu ini agar tidak tertinggal dari kompetitor yang lainnya. Bahkan, konsep pemasaran yang menggunakan mobile ini semakin meningkat setiap tahunnya, sejalan dengan kemajuan teknologi yang juga semakin berkembang setiap hari.

Bagaimana Cara Kerja Mobile Marketing?

Seperti yang telah diketahui, mobile marketing itu memuat iklan-iklan yang akan muncul pada ponsel pintar, tablet, serta perangkat seluler yang lainnya. Variasi dari format, kostumisasi, dan jenis iklannya pun akan selalu berbeda, sebagaimana banyaknya platforms media sosial, website, dan aplikasi-aplikasi yang lainnya. Masing-masing dari mereka memiliki keunikan yang sangat berbeda. 

Pentingnya Strategi Mobile Marketing

Akan selalu ada alasan mengapa sesuatu itu penting sekali untuk digunakan atau diterapkan, sama halnya dengan strategi mobile marketing yang penting untuk dipahami. Simak pentingnya hal tersebut di bawah ini.

  • Hampir semua orang menghabiskan waktunya dengan berselancar di ponsel untuk berbagai kepentingan
  • Orang-orang lebih sering melakukan browsing pada halaman website dibandingkan pada perangkat seluler
  • Dalam setiap tahunnya, sejak tahun 2021, pencarian melalui perangkat mobile meningkat hampir 200%.

Hal di atas menunjukkan bahwa penting sekali untuk mengetahui dan memahami konsep mobile marketing. Tujuanya adalah untuk tetap dapat bersaing dalam dunia yang semakin canggih dan berkembang. 

Jenis Strategi Mobile Marketing 

Banyak sekali jenis strategi mobile marketing yang penting untuk kamu coba. Hal tersebut dapat disesuaikan dengan industri, target audiens, dan juga anggaran biaya yang dimiliki. Simak beragam jenis dari strategi yang terkait di bawah ini.

1. App-Based Marketing

Contoh app-based marketing dalam penerapan strategi mobile marketing

Jenis iklan mobile ini dimuat dalam aplikasi mobile. Iklan yang diberikannya pun dibuat senyaman mungkin agar para calon konsumen tetap merasa aman saat berselancar di ponselnya. Untuk itu, para advertiser dapat melakukan aksinya dalam meluaskan pemasarannya.

2. In-Game Mobile Marketing

Jenis yang satu ini berkaitan erat dengan iklan yang muncul di dalam suatu mobile games. Iklan yang muncul biasanya berupa pop-up banner, gambar dengan layar penuh, dan bahkan video iklan yang harus ditonton selama beberapa detik. 

3. QR Codes

Contoh QR codes dalam penerapan strategi mobile marketing

Kode QR tersebut dapat dipindai oleh para penggunanya yang diarahkan pada halaman-halaman website tertentu. Akan tetapi, jenis mobile marketing yang satu ini sempat diragukan oleh beberapa konsumen karena para konsumen tidak mengetahui dengan pasti apa yang ada di dalam kode tersebut. Oleh karena itu, berikanlah pemahaman yang jelas agar konsumen tidak menerka-nerka.

4. Location-Based Marketing

Jenis strategi ini akan memunculkan iklan berdasarkan pada lokasi para pengguna perangkat seluler. Hal ini biasanya akan menampilkan beberapa produk yang mungkin dibutuhkan oleh seseorang. Misalnya, kamu kana menerima iklan dari suatu perusahaan yang jaraknya kurang dari 1 km dari tempat perusahaan tersebut.

5. Mobile Search Ads dan Mobile Image Ads

Kedua jenis strategi ini biasanya menggunakan ekstensi tambahan seperti click-to-call atau maps sehingga dapat muncul pada perangkat seluler para penggunanya.

6. SMS

Jenis yang terakhir adalah SMS marketing yang biasanya memuat penawaran melalui teks pada SMS. Hal ini telah ada sebelum maraknya digital marketing yang kian berkembang seperti sekarang ini.

Penerapan Konsep Mobile Marketing

Bagi kamu yang tertarik untuk menggunakan jenis strategi marketing ini, maka lakukanlah hal-hal berikut ini:

  • Buatlah iklan secara jelas dan ringkas. Artinya, kamu harus mengupayakan agar iklan tersebut berisi konten yang dimaksud, tetapi dalam bentuk yang simpel. Hal ini dikarenakan tampilan ponsel sangat terbatas bagi para penggunanya.
  • Optimalkan secara lokal. Pastikanlah iklan yang dibuat disesuaikan dengan kepentingan calon konsumen. Misalnya, sediakan rekomendasi kopi yang dekat dengan rest area sehingga calon konsumen mendapatkan informasi yang lengkap.
  • Pertimbangkan audiens. Poin ini sama dengan poin sebelumnya. Kamu bisa membuat iklan yang sesuai dengan profesi atau hobi calon konsumen. Dengan begitu, iklan yang dibuat pun dapat dipahami secara tepat.
  • Lakukan eksperimen pada setiap strategi kemudian bandingkan setiap hasil yang didapatkan.

Itulah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dari konsep mobile marketing agar bisnis yang dijalankan semakin berkembang. Jangan lupa pula untuk mempertimbangkan hal lainnya agar dapat berkesinambungan satu sama lainnya. 

Related Posts

Leave a Comment