Home Tanpa Modal Modal Kamera HP, Jual Foto Online Kamu di 10+ Aplikasi Ini!

Modal Kamera HP, Jual Foto Online Kamu di 10+ Aplikasi Ini!

by Justin Sutanto

Punya hobi memotret? Apakah hasil jepretanmu hanya disimpan untuk diri sendiri atau dibagikan ke orang lain? Apa pun alasannya, sangat disayangkan jika kamu melewatkan kesempatan mendapatkan uang dari hasil foto yang telah ditangkap. Terlebih, zaman yang semakin canggih seperti sekarang ini membuat kegiatan jual foto online semakin mudah.

Kamu tidak harus menjadi fotografer profesional atau membeli kamera mahal untuk memulai bisnis, lo! Hanya bermodal ponsel pintar dan selera estetis yang baik, hasil potretmu sudah bisa sekelas kamera berharga jutaan. Ditambah lagi, ponsel pintar di masa kini sudah dilengkapi teknologi yang mumpuni.

Pertanyaannya, di mana tempat yang tepat untuk menjual foto-foto yang sudah kamu potret? Mudah saja! Daftar aplikasi di bawah ini bisa menjadi langkah awal yang pas untuk memulai bisnis jual foto!

Baca juga: Virtual Photoshoot: New Opportunity untuk Kamu Photografer

1. Shutterstock Contributor


Nama Shutterstock tentunya sudah tidak asing lagi. Platform yang telah berusia lebih dari 15 tahun ini menjadi wadah dari jutaan foto eksklusif. Tak hanya itu, Shutterstock sudah berhasil membayar sekitar Rp14,4 triliun atau 1 miliar dolar kepada semua kontributor mereka.

Popularitas aplikasi ini terbilang tinggi sehingga timbul persaingan ketat antara kontributor. Jika kamu bukan lagi seorang pemula, tidak ada salahnya mendaftar sebagai kontributor Shutterstock. Kemudian, dapatkan komisi sebanyak 20 hingga 30 persen untuk setiap foto yang terjual!

2. Agora – The World’s Best Photo


Ingin mendapatkan hasil penjualan 100 persen alias tanpa dipotong apa pun? Jual fotomu di Agora Images! Aplikasi ini punya sistem tingkatan, antara lain, Junior, Advanced, Pro, dan Master. Besar keuntungan dari masing-masing anggota nantinya akan ditentukan dari tingkatan tersebut.

Bukan itu saja, foto-foto yang dijual di Agora Images dilindungi oleh hak cipta. Dengan begitu, kamu berhak menjual hasil jepretan ke platform lain. Semakin banyak foto yang terjual maka levelmu bisa meningkat.

3. Foap – Sell Your Photos


Aplikasi jual foto online berikutnya adalah Foap. Kamu akan mendapatkan komisi sebesar 50 persen untuk setiap foto yang berhasil terjual di aplikasi ini. Foap termasuk salah satu aplikasi yang terkenal sehingga potensi karyamu untuk laris di pasaran semakin tinggi. Sama halnya dengan Agora, para fotografer di Foap memiliki hak untuk menjual kembali foto mereka ke platform lain.

Pada momen tertentu, aplikasi ini juga mengadakan perlombaan untuk para pengguna. Siapa pun yang bisa menghasilkan foto dan video terbaik akan berkesempatan meraih hadiah senilai ratusan dolar.

Ingat! Foap mensyaratkan resolusi minimal setiap foto adalah sebesar 1.280 x 960 piksel. Pastikan ukuran hasil jepretanmu sudah memenuhi kriteria, ya!

4. EyeEm – Photography


Satu lagi platform populer yang telah mempunyai jaringan besar di seluruh dunia, yaitu sebanyak lebih dari 25 juta fotografer. EyeEm unggul karena kerap kali memberikan tips maupun tutorial gratis untuk mengembangkan keterampilan fotografi.

Berapa keuntungan yang akan diperoleh dengan berjualan di EyeEm? Kamu akan mendapatkan komisi sebesar 50 persen jika masih mempertahankan hak cipta. EyeEm menawarkan penghasilan terendah sebesar Rp290 ribu atau 20 dolar. Jadi, kamu bisa mendapatkan setengahnya untuk setiap foto yang laku.

5. Dreamstime Companion


Dreamstime didukung dengan tampilan antarmuka yang cukup menarik. Namun, aplikasi ini hanya untuk berjualan dan tidak dapat digunakan untuk berinteraksi dengan fotografer lain. Patokan harga yang ditentukan oleh Dreamstime tergantung lisensi fotomu. Kamu bisa saja menjual foto terbaik sampai harga 12 dolar Amerika Serikat. Sebelum bergabung dengan platform ini, ada baiknya untuk melakukan riset pengalaman pengguna atau langkah-langkah memperoleh penghasilan terlebih dahulu.

6. Snapwire – Sell Your Photos


Aplikasi ini menampung kira-kira sebanyak 800 ribu kontributor. Tidak perlu khawatir dengan hak cipta karena Snapwire akan mempertahankan copyright untuk setiap foto. Setiap foto yang laku akan memberikanmu komisi sebesar 50 persen. Istimewanya lagi, kalau mengikuti permintaan atau perlombaan, 100 persen penghasilan akan masuk ke kantongmu.

7. SmugMug – Store and Share Photos


SmugMug Pro memberikan komisi sebesar 85 persen dari hasil penjualan masing-masing foto. Namun, demi mendapatkan keuntungan tersebut, kamu harus mendaftar sebagai anggota premium dan berlangganan setiap bulan. Apakah bisa mendaftar secara gratis? Sayangnya, tidak bisa.

Meski begitu, SmugMug Pro memberikan transparansi terhadap estimasi harga foto. Tambahan lagi, jika dibandingkan dengan platform lain, aplikasi ini menawarkan komisi yang lumayan menggiurkan.

8. Stockimo


Stockimo merupakan aplikasi ponsel dari platform web bernama Alamy. Klien utama dari aplikasi ini ialah perusahaan editorial, seperti penerbit, koran, dan majalah. Patokan harga di Stockimo bisa dibilang sangat tinggi, yaitu sekitar 500 dolar Amerika Serikat untuk sebuah foto autentik yang populer. Setiap fotografer akan memperoleh komisi sebanyak 20 persen per hasil jepretan.

Setiap foto yang dijual di Stockimo sudah melalui serangkaian penilaian terlebih dahulu. Jadi, tidak sembarang foto bisa dijual di aplikasi ini. Berbeda dengan platform web Alamy yang menerima hasil potret kamera, Stockimo hanya menyeleksi foto-foto yang diambil menggunakan tablet atau ponsel pintar.

9. Twenty20 – Sell Your Photos


Twenty20 sebenarnya bukan aplikasi yang benar-benar dibuat untuk berjualan foto. Namun, tetap saja kepopulerannya tidak dapat dimungkiri. Twenty20 awalnya diciptakan untuk mempermudah para pencinta fotografi dalam penjualan karya melalui Instagram. Kemudian, seiring waktu berjalan, aplikasi ini berubah menjadi platform foto stok.

10. miPic


Berikutnya, ada aplikasi bernama miPic yang beroperasi pada perangkat berbasis iOS. Setiap berhasil menjual foto, kamu bisa mendapatkan komisi sebesar 20 persen. Uniknya, miPic tidak hanya menarik agensi atau merek, tetapi juga konsumen individual. Aplikasi ini hampir mirip dengan Snapwire yang menekankan seni fotografi sebagai daya tarik.

11. 500px – Photography Community


Nama 500px juga sudah terkenal di seluruh dunia. Platform yang termasuk salah satu aplikasi foto terbaik ini dapat diakses dengan gratis ataupun berlangganan. Bagi kamu yang ingin mencoba secara gratis, 500px membatasi jumlah unggahan hanya sebanyak 7 foto dalam satu minggu, Nah, selagi menunggu waktu untuk unggahan selanjutnya, gunakan saja waktumu untuk berburu lebih banyak foto.

12. Scoopshot


Mau menentukan harga foto secara bebas? Scoopshot solusinya! Aplikasi ini tidak membatasi dalam mematok harga sehingga keuntungan yang dihasilkan akan semakin besar. Setiap satu foto berhasil terjual, kamu akan memperoleh notifikasi di bilah pemberitahuan.

Bagaimana? Siap memulai usaha jual foto online? Semoga daftar rekomendasi aplikasi di atas bisa membantumu dalam berbisnis. Jangan lupa pelajari teknik-teknik foto secara otodidak dan bertahap supaya kamu dapat memperoleh profit yang lebih besar.

Selain itu, ada kabar baik untuk fotografer yang menggunakan ponsel pintar. Permintaan akan foto-foto yang dipotret melalui smartphone diperkirakan meningkat di tahun-tahun mendatang. Oleh karena itu, jangan berkecil hati dan teruslah tingkatkan keterampilan fotografimu. Semoga berhasil!

Related Posts

Leave a Comment