Home Tanpa Modal Mudah dan Praktis! Cara Membuat Podcast Melalui Smartphone

Mudah dan Praktis! Cara Membuat Podcast Melalui Smartphone

by Justin Sutanto
Ilustrasi cara membuat podcast dengan menggunakan smartphone

Apakah kamu sedang mencari informasi mengenai cara membuat podcast? Kamu berada di tempat yang tepat. Di sini, kamu akan mempelajari cara membuat konten podcast berkualitas. 

Podcast sendiri merupakan siaran audio yang diunggah ke website atau platfrom digital lainnya. Banyak orang yang menyamakan podcast dengan radio padahal keduanya berbeda. Meskipun memiliki fungsi sama, yakni sebagai media hiburan dan komunikasi, podcast tidak memiliki jadwal siaran layaknya radio. 

Tidak hanya itu saja, di mana pun kamu berada, kamu bisa mendengarkan podcast, tidak seperti radio yang memiliki jangkauan wilayah terbatas. Pengguna juga bisa mengunduh podcast sesuai topik atau episode yang diinginkan.

Selain itu, podcaster juga memiliki kebebasan dalam membuat konten. Namun, kamu tidak bisa memasukkan musik yang memiliki hak cipta. Meskipun demikian, kamu bisa mendapatkan penghasilan layaknya blogger maupun vlogger.

Baca juga: Keren! Ini Cara Mudah dan Praktis dapat Uang dari Podcast

Cara Mudah dan Praktis Membuat Podcast dengan Smartphone 

Ilustrasi cara membuat podcast dengan smartphone

Menariknya lagi, dalam pembuatan podcast kamu tidak memerlukan banyak peralatan berharga fantastis. Cukup dengan smartphone, kamu bisa menghasilkan siaran yang berkualitas. 

Agar lebih jelas, simak tata cara pembuatan podcast berikut ini. 

1. Tentukan Topik 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan topik. Sangat disarankan memilih topik yang sesuai dengan minat dan Anda kuasai. Kedua kriteria ini akan memudahkan kamu dalam proses membuat konten yang bervariasi.

Sebagai contoh, jika kamu hobi membaca, maka tidak ada salahnya membuat podcast mengenai ulasan buku. Ketika kamu kehabisan ide, kamu bisa menjelajahi perpustakaan atau membeli buku baru.

2. Instal Aplikasi Perekam Suara dan Editing 

Setelah menentukan topik, langkah selanjutnya cara membuat podcast adalah menginstal aplikasi perekam suara dan editing. Kedua aplikasi ini sangat dibutuhkan untuk menciptakan konten podcast berkualitas tanpa menghabiskan banyak uang.

A. Anchor

Dari banyaknya aplikasi rekam suara, Anchor sangat direkomendasikan oleh banyak podcaster di seluruh dunia. Anchor merupakan aplikasi podcasting terkemuka yang memungkinkan pengguna membuat konten podcast berbekal smartphone. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis melalui Google Play Store ataupun App Store

Anchor menawarkan beragam fitur menarik, seperti informasi teknis, saluran distribusi supaya podcast bisa tayang di Spotify, dan antarmuka sederhana yang memudahkan pengguna untuk merekam, memisahkan trek, dan mengimpor musik yang berasal dari katalog Spotify maupun Apple Music. 

Berkat navigasi drag and drop, penyusunan fragmen musik latar, efek suara, selingan musik, dan audio pada aplikasi ini tergolong mudah, sekalipun bagi pemula. Tak hanya itu saja, Anchor juga dapat digunakan untuk mengedit rekaman.

B. Canva

Selain Anchor, aplikasi lain yang juga harus kamu instal adalah Canva. Canva merupakan aplikasi desain grafis yang memudahkan penggunanya untuk merancang berbagai desain, seperti sampul buku, infografis, banner untuk Facebook, dan poster. 

Barangkali kamu bertanya-tanya, apa fungsi Canva dalam membuat podcast? Kendati podcast berfokus pada audio, bukan berarti kamu menyepelekan tampilan sampul. Ingat, lebih dari 80% pengguna akan melirik halaman sampul lebih dulu sebelum mendengarkan konten podcast

3. Tambahkan Musik 

Cara membuat podcast lebih menarik, kamu bisa menambahkan musik pada bagian pembuka. Meskipun terdengar sepele, intro efektif meningkatkan minat audiens untuk terus mendengarkan podcast hingga selesai.  

4. Beri Cover Gambar 

Agar tak kehilangan pendengar, pastikan kamu membuat sampul atau disebut juga logo podcast terlebih dahulu. Tips mudah membuat logo adalah dengan memikirkan gambaran yang sesuai dengan topik yang kamu pilih. Buatlah sesederhana mungkin, tetapi menarik dan enak dilihat. 

5. Promosi di Media Sosial 

Hal lain yang tak kalah penting adalah mempromosikan saluran podcast melalui media sosial, seperti Facebook, blog pribadi, Twitter, dan Instagram. Semakin kamu dikenal, semakin besar peluang mendapatkan penghasilan besar melalui Ad-libs, sponsor, ataupun donasi pendengar.

Membuat Podcast Menggunakan Aplikasi Anchor


Bagi kamu yang ingin membuat podcast menggunakan Anchor, simak langkahnya berikut ini. 

  • Buat akun baru menggunakan email atau Facebook.
  • Ketika membuka aplikasi, kamu akan diarahkan ke halaman Trailer. Kamu bisa melewati sesi perkenalan singkat dengan menekan tanda X. 
  • Tekan tanda + ungu untuk memuat episode baru.
  • Tekan Rekam.
  • Jika rekaman dirasa sudah cukup, maka tekan tanda X. 
  • Kamu bisa melihat hasil rekaman pada layar berikutnya.
  • Untuk memperbaiki rekaman kamu bisa mengetuk tombol Edit
  • Untuk mengurangi durasi atau menghilangkan bagian yang tidak perlu, tekan tombol Pangkas.
  • Gerakkan kursor untuk mengetahui posisi mulai dan akhir.
  • Ketuk tombol Tambahkan Musik Latar untuk menambahkan musik latar.
  • Untuk pilihan lain, kamu bisa memilih langsung dari menu drop down trek yang menawarkan tema dan suasana berbeda. 
  • Simpan rekaman dengan menekan tanda centang.
  • Rekaman kamu akan disimpan di Episode Builder. Untuk mengatur ulang, cukup tekan dan seret Segmen.
  • Untuk melihat alat lainnya, kamu bisa mengetuk tombol + ungu.
  • Cukup tap koleksi, jika kamu ingin memasukkan audio yang telah diunggah atau direkam sebelumnya kemudian tekan tombol Simpan.
  • Ketuk folder ungu kemudian Impor di bagian sudut kanan atas untuk memasukkan audio ke Perpustakaan. Kamu juga bisa mengunggah audio dari ponsel.
  • Tekan tombol Publikasikan Sekarang.

Demikianlah informasi lengkap mengenai cara membuat podcast berbekal smartphone. Sangat mudah, bukan? Yuk, coba sekarang juga!

Related Posts

Leave a Comment