Home Others Penting! Ini Strategi Digital Public Relations yang Efektif

Penting! Ini Strategi Digital Public Relations yang Efektif

by Justin Sutanto
strategi digital public relations

Strategi digital public relations merupakan salah satu elemen penting dalam membangun serta mengembangkan bisnis di era digital ini. Melalui strategi digital PR, kamu dapat menggaet pelanggan potensial yang lebih luas dan berujung pada peningkatan penjualan. Bahkan, melalui strategi digital ini kamu dapat menjangkau pelanggan hingga ke mancanegara. Satu hal yang sulit didapatkan ketika kamu hanya mengandalkan marketing offline, bukan?

Penerapan strategi digital PR dalam bisnis tentu sangatlah menarik. Namun sebelum benar-benar menerapkannya, ada baiknya kamu perlu memahami seluk beluk strategi digital PR terlebih dahulu. Termasuk didalamnya, cara efektif menggunakan strategi digital PR agar kamu tidak salah langkah. Artikel ini akan membantu kamu!

Apa Itu Digital Public Relations?

Dilansir dari Digital Marketing Institute, Digital public relations adalah strategi yang digunakan oleh penggiat bisnis untuk meningkatkan brand awareness dengan metode online. Cara kerja dari digital PR ini kurang lebih sama seperti PR tradisional. Namun, digital PR mampu menghasilkan pelanggan yang lebih potensial karena jangkauannya lebih luas.

Untuk memaksimal digital PR, kamu membutuhkan strategi berbasis internet. Ada 5 tipe digital PR yang sering digunakan, yaitu:

  • Directory inclusion. Cari direktori yang memuat bisnis serupa dan tambahkan situs bisnismu ke dalam direktori tersebut.
  • Unlinked mention. Suatu kondisi di mana tidak ada backlink ke situs kamu mesti ada mention pada brand atau bisnismu, baik dari blog, media sosial, bahkan podcast.
  • Press release. Merupakan strategi PR tradisional yang juga perlu dilakukan pada digital PR.
  • Guest post. Agar pengguna internet semakin mengenal brand atau situsmu, salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah dengan menulis artikel tentang brand di situs lain. Pastikan situs yang digunakan memiliki traffic yang tinggi.
  • Influencer marketing. Salah satu strategi untuk mendapatkan exposure lebih adalah dengan mengajak kerja sama publik figur.

Nah, itulah beberapa usaha yang bisa kamu lakukan untuk brand awareness. Mengapa peningkatan brand melalui metode online ini perlu dilakukan?

Alasan Perlu Ada Digital Public Relations

Ini alasan kenapa kamu perlu digital public relations dalam bisnis:

1. Peringkat SEO Meningkat

SEO (Search Engine Optimization) merupakan rangkaian tindakan yang digunakan untuk mengoptimasi situs agar berada di peringkat teratas pencarian Google. Dengan menerapkan strategi digital PR, backlink situs kamu akan mengalami peningkatan. Hal ini tentu berimbas juga pada peringkat SEO.

2. Mendatangkan Traffic

Dengan meningkatnya peringkat SEO, maka traffic yang menuju ke situs kamu juga semakin ramai. Karena strategi digital PR yang sesuai akan membuat link yang ditujukan ke situs kamu semakin relevan.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Sejalan dengan meningkatnya minat masyarakat akan digital dan belanja online, strategi pemasaran digital akan membuat situsmu semakin dikenal.

4. Pertumbuhan Sales yang Bagus

Semakin banyak orang yang mengenal brand kamu dan berkunjung ke situs, maka penjualan pun akan meningkat.

Digital PR merupakan strategi penjualan yang tidak bisa diterapkan secara sembarangan. Lantas, bagaimana caranya menerapkan strategi digital PR yang efektif?

Strategi Digital Public Relations untuk Menggaet Pelanggan

Kehadiran loyal customer merupakan hal yang dinanti-nanti oleh pelaku bisnis. Karena tipe pelanggan yang seperti ini akan meningkatkan brand awareness secara tidak langsung. Mereka akan secara sukarela mempromosikan bisnis kamu dari mulut ke mulut.

Untuk menggaet pelanggan loyal ini, terapkan tips dan trik strategi digital public relations berikut:

1. Lakukan Microblogging

Penggunaan microblogging dinilai efektif untuk branding companies karena menjangkau pengguna online yang sangat luas. Tindakan ini dapat memperluas jaringan bisnis kamu secara lifetime. Karena sejauh apa pun jarak audiens yang ditargetkan, informasi yang kamu bagikan secara online akan mereka terima dengan cepat dan mudah.

Selain menjangkau pelanggan potensial yang lebih luas, microblogging juga dapat digunakan untuk menjalin dan menjaga komunikasi dua arah antara kamu dan pelanggan.

2. Gunakan Media Sosial Marketing dengan Hastag Spesifik

Meningkatnya pengguna media sosial dari hari ke hari bisa kamu manfaatkan untuk menerapkan strategi digital PR. Lakukan campaign di media sosial untuk menggaet pelanggan baru sekaligus membangun komunikasi secara langsung dengan mereka.

Satu hal penting yang perlu kamu perhatikan ketika menerapkan media sosial marketing adalah memahami algoritma berbagai media sosial. Gunakan hashtag yang spesifik dan unik untuk jadi ciri khas atau identitas brand kamu. Cara ini memudahkan pelanggan menemukan konten marketing yang kamu bagikan.

3. Buat Inovasi Baru

Selain menerapkan microblogging dan media sosial marketing, kamu juga perlu berinovasi untuk memaksimalkan strategi digital PR. Terlebih dunia digital saat ini bersifat dinamis dan terus mengalami perubahan dalam waktu singkat. Oleh karena itu, kamu harus aktif dan peka terhadap tren baru.

Dengan skill digital yang terus berkembang, kamu bisa menyampaikan informasi brand dengan cara kekinian dan mengikuti perkembangan zaman. Jadi, target pasar semakin luas dan menjangkau semua lapisan masyarakat yang memiliki ketertarikan terhadap brand kamu.

Nah, itu dia informasi seputar strategi digital public relations dan penerapannya untuk menjangkau pelanggan potensial secara online. Ingat! Dengan strategi digital yang tepat, brand kamu akan semakin dikenal luas dan mendatangkan keuntungan. Selamat mencoba.

Related Posts

Leave a Comment