Home Pakai Modal Sepi Pembeli? Simak Tips Sakti Membuat Toko Online Laris

Sepi Pembeli? Simak Tips Sakti Membuat Toko Online Laris

by Justin Sutanto

Apakah Anda seorang pemilik toko online? Pernahkah Anda merasa putus asa karena toko sepi pembeli? Bahkan, sempat ingin menyerah? Sebenarnya, hal tersebut dirasakan oleh hampir semua pebisnis pemula yang tengah merintis usaha. Tingginya tingkat persaingan, harga kurang kompetitif, hingga minimnya promosi menjadi sejumlah faktor mengapa toko Anda sepi pembeli. Namun, tak perlu khawatir, sebab ada banyak cara toko online laris manis yang bisa dicoba.

Pakai Jurus Sakti Ini! Dijamin Toko Online Laris Manis!

Adapun jurus sakti yang dapat meningkatkan penjualan toko online Anda, antara lain sebagai berikut.

1. Kenali Keunikan Produk


Mengenal produk secara mendalam akan membantu Anda dalam memberikan informasi lengkap pada calon konsumen. Tidak hanya keunggulannya, seperti kualitas grade A, harga ramah kantong, awet hingga tiga tahun, atau warna tidak mudah pudar, melainkan juga ‘keunikan’ yang tentunya tak dimiliki produk lain.

Bisa dibilang, keunikan produk itulah yang disebut sebagai nilai jual produk atau Unique Selling Points (USP). Jika biasanya keunggulan produk jumlahnya banyak, maka USP hanya satu saja. 

Jika merasa kesulitan, maka Anda hanya perlu memposisikan diri sebagai konsumen untuk menemukan keunikan produk. Tanyakan pada diri Anda, apa yang paling dibutuhkan calon konsumen? Apakah soal produk atau pelayanannya?

Misalnya, Anda menjual produk kecap. Di pasaran cukup banyak kecap berbagai merek yang tersedia. Anda harus memiliki keunikan pada produk yang dijual, seperti terbuat dari 100% kedelai hitam yang digiling secara manual, tanpa bantuan mesin.  

Sekilas memang tampak sepele, tetapi hal tersebut justru membuat calon konsumen tertarik dan merasa penasaran. Bagaimana rasa kecap yang dibuat manual? Apakah rasanya sama dengan kecap sejenis atau berbeda? 

USP tidak selalu berfokus pada produk, tetapi juga pelayanan. Contohnya, FedEX yang memberikan jaminan barang sampai dalam waktu semalam atau Domino’s Pizza yang menjanjikan pizza gratis jika pesanan tidak sampai dalam waktu 30 menit.  

Intinya, sesuaikan hal tersebut dengan selera dan consumer behavior, tren yang sedang naik, serta kekuatan daya beli masyarakat.

2. Buat Website Toko Online


Banyak penjual mengabaikan pentingnya website karena marketplace telah memberikan toko online gratis. Meskipun marketplace sangat mudah digunakan, tingkat persaingannya pun tinggi. Coba pikirkan, berapa banyak penjual yang menawarkan produk serupa yang Anda jual? Puluhan atau ratusan? 

Mirisnya, konsumen bukan mengingat toko Anda, melainkan marketplace tempat Anda bernaung. Singkatnya, marketplace bukanlah tempat yang tepat untuk membangun brand awareness

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memiliki website toko online sendiri.

  • Menciptakan sebuah kesan bahwa bisnis Anda terlihat lebih profesional
  • Meningkatkan trust konsumen
  • Efisiensi dalam pengelolaan produk 
  • Memiliki kontrol penuh atas website
  • Dapat menggunakan domain sendiri
  • Target market lebih luas
  • Sekuritas data terjamin
  • Memaksimalkan kegiatan promosi 

3. Pelajari Data Penjualan


Jangan anggap sepele data penjualan sebab dari data tersebut Anda bisa mengetahui produk terlaris yang disukai dan kurang disukai konsumen serta waktu penjualan tertinggi dan terendah. Dengan data tersebut, Anda bisa melakukan riset mengenai produk dan selera pasar sekaligus mencari strategi pemasaran terbaik untuk meningkatkan penjualan di waktu sepi.

Alangkah baiknya jika Anda juga menginstal Google Tag Manager dan Google Analytics. Keduanya akan memaksimalkan promosi bisnis Anda. Dengan Google Analytics, Anda akan lebih mudah mengelompokkan audiens berdasarkan perilaku dan demografi. 

Selain itu, Anda juga tidak akan kesulitan dalam menganalisis pesaing berdasarkan perkiraan metrik lalu lintas (kunjungan – rasio pentalan – tampilan halaman) dan metrik konversi (jumlah transaksi – nilai rata-rata – pendapatan total). 

4. Terapkan Strategi Content Marketing


Maksimalkan website toko online yang Anda miliki dengan strategi content marketing. Buatlah blog dalam website Anda. Rancang dan buatlah konten-konten yang menarik dan memberikan value, serta mampu menarik dan mendorong pengunjung website membeli produk Anda. 

Content marketing tidak selalu dituangkan dalam bentuk teks ataupun gambar saja, melainkan juga video. Pastikan konten tersebut memiliki tampilan estetis, mudah dipahami, enak dilihat, dan informatif.

Lantas apa sebenarnya manfaat Content marketing?

  • Meningkatkan angka traffic visitor
  • Membangun brand awareness
  • Meningkatkan sales
  • Meningkatkan engagement serta kedekatan dengan konsumen
  • Meningkatkan reputasi bisnis / usaha anda

Baca juga: 4 Strategi Video Content Marketing untuk Bisnis Kamu Viral

5. Aktif di Media Sosial


Cara toko online laris selanjutnya adalah dengan aktif di media sosial. Sebagaimana Anda ketahui, media sosial kini menjadi wadah untuk mempromosikan produk ataupun jasa yang Anda miliki. Bisa dibilang, media sosial adalah gerbang utama untuk menarik minat calon konsumen. 

Faktanya hampir 95% pengguna media sosial berusia sekitar 18 hingga 34 tahun mengikuti akun bisnis dan 93% pengguna menggunakan media sosial sebagai wadah berkomunikasi dengan merek atau layanan servis.

 Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari media sosial untuk bisnis, antara lain:

  • Pencarian target market yang lebih efektif
  • Memudahkan Anda mengenal audiens dan kompetitor bisnis
  • Mempermudah Anda untuk achieve sales target
  • Memperluas pasar
  • Menciptakan konten yang lebih menarik untuk calon pembeli
  • Membantu proses evaluasi strategi pemasaran

6. Terapkan Strategi Email Marketing


Mengingat tingkat persaingan di dunia bisnis sangat tinggi, Anda harus bisa menjaga hubungan dengan pelanggan. Oleh karena itu, pastikan Anda menerapkan strategi email marketing agar terus terhubung dengan pelanggan lama dan menjadi dekat dengan pelanggan baru. 

Anda bisa memulainya dengan mengirimkan informasi mengenai barang favorit, produk terbaru, atau promosi khusus. Namun, sebelumnya pastikan Anda lebih dulu mengumpulkan kontak pelanggan dengan membuat landing page kemudian buatlah konten atau newsletter yang menarik.

7. Optimalkan Pemasaran melalui Word of Mouth


Strategi pemasaran word of mouth atau dari mulut ke mulut memang tak pernah gagal untuk melejitkan suatu bisnis. Teknik promosi ini efektif menciptakan peluang lebih besar untuk meningkatkan trust serta menarik  konsumen  potensial  terhadap produk atau layanan Anda. 

Bagaimana caranya? Anda bisa meminta konsumen membuat testimoni produk yang dibeli dan dicobanya sendiri di kolom komentar serta membagikan informasi tersebut melalui media sosial. 

8. Beriklan Melalui Media Sosial


Untuk memaksimalkan strategi pemasaran, tidak ada salahnya memanfaatkan iklan yang ditawarkan media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan YouTube. Tak perlu khawatir mengenai budget, sebab Anda bisa mengatur besaran anggaran sesuai dengan target market.

Menariknya, beberapa platform juga menyediakan fitur penjadwalan iklan. Dengan cara ini peluang untuk memperbesar cakupan pasar dan membuat produk Anda dikenal luas terbuka lebar. 

9. Berikan Promo Menarik


Tidak ada konsumen yang tidak menyukai promo. Apa pun itu. Entah potongan harga, gratis ongkos kirim, cashback, voucher belanja, ataupun merchandise. Namun, jangan sampai promo tersebut hanya menguntungkan konsumen, sedangkan Anda sebagai penjual justru merugi. 

Oleh karena itu, pastikan untuk membuat strategi promo terlebih dahulu dengan mengindentifikasi Break Even Point (BEP), jenis promo yang paling diminati masyarakat Indonesia, dan waktu terbaik untuk launch promo tersebut.

10. Buat Deskripsi Produk


Pikat konsumen dengan deskripsi produk yang menarik dengan teknik copywriting. Anda bisa menggunakan kalimat persuasif untuk menyentuh sisi emosional konsumen agar terdorong membeli produk yang ditawarkan.

Bisa juga dengan memberikan informasi selengkap mungkin, seperti ukuran atau dimensi produk, bahan yang digunakan, pola, warna, dan waktu kedaluwarsa. Sisipkan kata-kata sensorik, seperti kriuk, renyah, garing, crunchy, lembut, atau nyaman. Pastikan bahwa deksripsi menunjukkan keunggulan dan manfaat produk bagi pembelinya.Itulah sejumlah cara toko online laris yang dapat Anda terapkan untuk memaksimalkan bisnis yang dijalankan. Selamat mencoba!

Related Posts

Leave a Comment