Home Others Strategi Flash Sale: Solusi Belanja dengan Harga Miring!

Strategi Flash Sale: Solusi Belanja dengan Harga Miring!

by Justin Sutanto
Strategi flash sale

Perkembangan zaman yang semakin canggih ini mengakibatkan banyak pula toko-toko online yang bermunculan. Seiring dengan hal tersebut, maka persaingan di antara mereka semakin ketat. Oleh karena itu, berbagai platform berlomba-lomba melakukan cara untuk menarik perhatian calon konsumennya. Cara yang dilakukan oleh platform e-commerce tersebut sangat variatif, mulai dari memberikan diskon besar-besaran, promo yang berbeda setiap harinya, gratis ongkos kirim, hingga mengadakan kegiatan flash sale. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas secara rinci mengenai flash sale dan strategi flash sale agar kamu dapat berbelanja dengan harga yang super murah.

Deskripsi Singkat Strategi Flash Sale

Secara singkat, flash sale adalah suatu kegiatan jual beli yang terdapat dalam e-commerce yang memiliki sistem rebutan. Konsep dari kegiatan jual beli ini adalah pemberian potongan harga secara besar-besaran dalam kurun waktu yang singkat dan terbatas. Kurun waktu tersebut biasanya terdiri dari satu, tiga, enam, hingga dua belas jam. 

Beberapa e-commerce yang sudah terkenal bahkan melakukan flash sale hampir setiap hari dengan produk dan penawaran yang berbeda-beda. Hal tersebut memiliki tujuan agar calon konsumen maupun konsumen lama tetap setia menggunakan platform tersebut, pembeli dan konsumen semakin rajin mengunjungi toko, dan juga memberikan ide yang baik agar terkesan baik di mata konsumen.

Persyaratan Mengikuti Program Flash Sale bagi Penjual

Semua jenis platform belanja daring tentunya memiliki persyaratan bagi para penjual yang ada di dalamnya jika ingin mengikuti program flash sale. Hal tersebut dilakukan untuk melakukan filterisasi terhadap produk yang akan ditampilkan dan juga dijual.

Syarat yang harus dilakukan adalah kredibilitas toko harus terpercaya. Hal ini meliputi usia toko yang lebih dari 14 hari, tingkat keaktifan toko, penilaian baik dari pembeli, dan juga tingkat membalas chat yang cepat. Pastikan pula pengiriman dilakukan secepat mungkin agar konsumen tidak menunggu lama. Hal ini tentu saja karena akan mempengaruhi hal-hal lainnya.

Manfaat Flash Sale untuk Tingkatkan Penjualan

Banyak sekali langkah yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan sehingga profit yang didapatkan pun semakin besar, salah satunya adalah dengan mengadakan flash sale di berbagai platform belanja daring. Flash sale tersebut memiliki berbagai manfaat, di antaranya adalah:

1. Jangkauan Toko Semakin Luas

Manfaat pertama yang dapat dirasakan oleh perusahaan adalah jangkauan toko yang dijalaninya dapat semakin luas. Hal ini karena ketika flash sale berlangsung, maka besar kemungkinan para konsumen mengunjungi profil penjual dan melihat katalog yang ada. Dengan begitu, produk yang lainnya juga bisa saja terjual.

2. Meningkatkan Transaksi dari Berbagai Konsumen

Adanya sistem flash sale ini tentu saja sangat memberikan dampak bagi penjual. Hal ini karena dapat mendatangkan berbagai transaksi dari konsumen yang beragam. Jika sudah begitu, maka toko pun memiliki kesempatan untuk mendapat predikat baik dari platforms yang digunakan, sehingga lebih terpercaya.

3. Kesempatan untuk Branding Toko

Manfaat lainnya yang dapat dirasakan oleh para pelaku usaha dengan adanya flash sale ini adalah branding toko semakin mudah untuk dilakukan. Hal ini tentu saja ada kaitannya dengan poin sebelumnya yang menyebutkan bahwa jangkauan toko akan semakin luas dengan adanya flash sale.

Strategi Flash Sale untuk Penjual

Jangan lupakan fakta bahwa adanya flash sale dalam sebuah e-commerce adalah peran aktif dari para penjual di dalamnya. Oleh karena itu, para penjual harus mengetahui strategi flash sale agar tetap mendapatkan keuntungan meskipun menjual produk dengan harga yang murah. Simak pembahasan strateginya di bawah ini.

1. Menentukan Waktu yang Tepat

Memilih waktu yang tepat adalah strategi yang penting sekali untuk dilakukan. Hal ini bertujuan agar para pembeli juga dapat dengan mudah melakukan pengecekan pada produk-produk yang tersedia dalam flash sale. Pastikanlah bahwa produk yang akan diikutsertakan dalam flash sale memiliki waktu yang tepat, dengan begitu calon konsumen dapat melakukan check out dengan mudah.

2. Mempertimbangkan Produk yang Dijual

Produk yang dijual pun penting sekali untuk dipertimbangkan. Hal ini karena seorang penjual harus mengetahui jenis produk apa saja yang dibutuhkan oleh pasar, apalagi jika barang tersebut sedang mengalami booming. Dengan begitu, produk akan lebih cepat habis dan konsumen pun mendapat kesenangan.

3. Menetapkan Harga yang Sesuai

Strategi yang lainnya adalah menetapkan harga yang sesuai pada produk yang akan diikutsertakan dalam flash sale. Meskipun banyak konsumen yang akan senang dengan harga yang super miring, tetapi pertimbangkan terlebih dahulu harga yang akan diberikan. Pastikan harga tersebut memiliki kelayakan, baik bagi pembeli maupun bagi penjual.

Itulah beberapa strategi flash sale agar kamu bisa dengan sukses mendapatkan barang yang diinginkan. Di lain hal, bagi kamu yang bekerja sebagai penjual, perhatikanlah dengan baik hal-hal yang sangat detail sehingga tidak menimbulkan kerugian pada barang-barang yang akan dijual.

Related Posts

Leave a Comment