Home Tanpa Modal Sudah Tahu Cara Agar Dapat Endorsement? Begini Triknya

Sudah Tahu Cara Agar Dapat Endorsement? Begini Triknya

by Justin Sutanto

Bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, mempelajari cara agar dapat endorsement dengan mudah adalah pilihan yang tepat. Ya, di zaman serba digital seperti sekarang, endorsement tak lagi menjadi istilah asing di kalangan masyarakat. 

Menurut pengertiannya endorsement merupakan tindakan mendukung terhadap sesuatu, baik yang bentuknya layanan, produk, maupun seseorang. Sementara itu, di dunia pemasaran, endorsement diartikan sebagai tindakan promosi barang maupun jasa melalui media sosial. 

Sekali melakukan endorsement Anda bisa menghasilkan puluhan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung engagement yang Anda tawarkan. Sebelum menekuni bisnis endorsement, pelajari dulu 8 tips di bawah ini agar akun media sosial Anda cepat diendorse. 

1. Bio Profil harus Jelas dan Menarik


Hal apa sih yang membuat seseorang tertarik mengunjungi akun media sosial Anda? Jawabannya tak lain adalah profil yang memukau. Jadi, biar bisa mendapatkan tawaran endorsement dengan segara, pertama buatlah profil yang baik. Bagaimana caranya? 

Bila Anda menggunakan Instagram, ubahlah akun tersebut menjadi akun bisnis. Setelah itu gunakan foto diri paling menarik dengan gambar yang jelas. Pada kolom bio silakan isi dengan informasi singkat mengenai siapa diri Anda.

Jangan lupa tambahkan kontak bisnis yang bisa dihubungi dan link YouTube, website, atau blog bila ada. 

2. Bangun Personal Branding yang kuat


Penting bagi seorang influencer untuk membangun personal branding yang baik. Dalam praktiknya, membangun citra diri di hadapan pengikut memang tidak mudah, karena butuh waktu lama dan konsistensi. 

Tetapi, begitu berhasil melakukan personal branding dengan baik, Anda bisa menciptakan reputasi yang positif di mata followers dan pihak yang akan menggunakan jasa Anda untuk endorsement

Oh iya, satu hal yang terpenting ketika membangun personal branding adalah jadilah diri sendiri. Dengan begitu Anda bisa tetap konsisten dan nyaman melakukannya dalam jangka waktu panjang. 

3. Fokus pada Peningkatan Jumlah Followers / Subscribers


Tak dipungkiri, jumlah followers/subscribers menjadi poin penting dalam menentukan minat tidaknya suatu brand atau olshop menggunakan jasa Anda untuk endorsement.  

Oleh karena itu Anda juga harus fokus menjalankan sejumlah strategi yang dapat meningkatkan jumlah followers/subscribers. Dengan mengadakan giveaway misalnya. 

Lewat cara ini akun Anda akan berpeluang untuk meningkatkan jumlah followers dan jumlah like

Baca juga: Cara Menambah Follower Instagram Secara Organik (2021)

4. Perhatikan Setiap Postingan


Sebelum memposting sesuatu, perhatikan dulu kualitasnya. Semakin baik kualitas gambar yang dihasilkan, semakin besar Anda mendapatkan peluang untuk mempromosikan sebuah produk. 

Tak harus menggunakan kamera profesional, smartphone juga bisa kok menghasilkan foto berkualitas asalkan pengguna pandai mengatur komposisi warna dan sudut pandang pengambilan gambar. 

Biar lebih menarik, Anda bisa menggunakan photo editor untuk menghasilkan tone warna yang oke. Tambahkan hashtag yang sesuai agar postingan mudah ditemukan oleh pengguna lain di luar daftar pengikut Anda.

5. Perhatikan Jumlah Like dalam Setiap Postingan


Cara agar dapat edorsement selanjutnya adalah dengan meningkatkan jumlah like. Ya, selain menaikkan jumlah pengikut, Anda masih punya PR lain, yaitu menambah jumlah like supaya akun tersebut terlihat menjanjikan di mata klien. 

Penambahan hashtag di kolom deskripsi juga bisa membantu foto yang diposting meraih banyak like di luar pengikut Anda. Selain itu, pemilihan tone warna yang menarik turut menggugah minat pengguna untuk menekan ‘Love’ atau ‘Like’ pada postingan

6. Buat Aktivitas yang Mendekatkan Diri ke Followers


Meningkatkan followers memang penting, tetapi seorang Influencer juga harus bisa membangun engagement yang baik dengan pengikutnya. Caranya mudah kok. Cobalah membuat aktivitas seru yang bisa mendekatkan Anda dengan followers.

Kalau suka berdiskusi, tak ada salahnya membuat postingan berupa pertanyaan, lalu ajak pengikut Anda untuk memberikan tanggapan di kolom komentar. Setelah itu Anda bisa menjalin interaksi dengan membalas komentar dari followers

Dengan engagement yang tinggi, bukan tidak mungkin bagi Anda untuk menerima tawaran endorsement

7. Postingan Berkala


Trik ketujuh adalah rutin mengunggah postingan. Tujuannya agar followers tetap ingat dengan akun Anda. Supaya tidak lupa buatlah jadwal postingan dan siapkan konten yang akan diunggah. Sebelum itu, pastikan Anda telah melakukan riset terkait kapan waktu terbaik (prime time) untuk mengunggah konten. 

Biasanya masing-masing media sosial punya prime time-nya sendiri-sendiri. Bila Anda menggunakan Instagram, jam istirahat siang dan jam pulang kerja merupakan waktu terbaik untuk mengunggah postingan

8. Be Yourself and Consistent


Menjadi diri sendiri itu penting, sekalipun di dunia maya. Dengan menjadi pribadi apa adanya akan membantu Anda menemukan niche/topik khusus yang pas. Pemilihan niche yang tepat mengakibatkan proses pembuatan konten jadi lebih mudah. 

Di sisi lain, niche yang jelas mempermudah pemilik brand/olshop dalam menilai apakah Anda adalah influencer yang pas untuk mempromosikan produk mereka. Kunci lain agar sukses menjalankan bisnis endorsement adalah konsisten dalam meningkatkan engagement dan mengunggah postingan
Itulah 8 cara agar dapat endorsement dengan mudah. Bila sudah mempraktikkan cara di atas, itu artinya Anda selangkah lebih dekat untuk menjadi influencer yang sukses. Nah, selamat mencoba dan semoga berhasil!

Related Posts

Leave a Comment