Home Pakai Modal Tips Ampuh dan Mudah Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Tips Ampuh dan Mudah Cara Menghasilkan Uang dari Blog

by Justin Sutanto

Mendapatkan uang di zaman sekarang lebih mudah. Kamu bisa menggunakan berbagai platform untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah, beberapa di antaranya bahkan tidak mensyaratkanmu membayar sepeser pun. Asal kreatif dan gigih, cuan akan lancar mengalir masuk ke rekeningmu. Salah satu platform yang dapat kamu manfaatkan adalah blog. Eits jangan salah, media yang satu ini nyatanya juga masih cukup ampuh lho untuk membuatmu menambah penghasilan. Namun tentu saja, ada cara menghasilkan uang dari blog tertentu yang perlu kamu lakukan untuk mencapai tujuan ini. Tenang saja, sekalipun kamu seorang pemula, menghasilkan pundi-pundi rupiah lewat blog bukan hal yang mustahil, kok. Untuk kamu yang berminat, berikut lima cara menghasilkan uang dari blog yang bisa diikuti.

Memilih Platform Blog Terbaik


Makin hari, makin banyak website yang menyediakan layanan blogging. Beberapa di antaranya berbayar, beberapa lainnya tidak. Tentu saja, tiap platform tersebut memiliki fitur dan keunggulannya masing-masing.

WordPress adalah platform yang hingga kini masih paling mendominasi karena berbagai alasan. Pertama, WordPress dapat dimanfaatkan secara gratis sehingga kamu yang ‘coba-coba’ pun lebih terbantu. Selain itu, WordPress sangat fleksibel sehingga baik pengguna awam maupun profesional dapat memanfaatkan secara maksimal layanan ini.

Perlu diketahui, selain menyediakan versi gratis, WordPress juga menghadirkan versi berbayar. Hal ini didasarkan pada perbedaan kebutuhan domain, hosting, hingga plugin. Beberapa profesional cukup banyak memilih versi berbayar sebagai cara menghasilkan uang dari blog yang lebih komprehensif. Namun sebagai awalan, kuasai dan maksimalkan saja dulu seluruh fitur di WordPress versi gratis.

Di samping WordPress, ada pula beberapa platform untuk blogging yang ditawarkan secara gratis seperti Tumblr, Blogger, Webbly, dan lain-lain. Kenali karakter masing-masing platform dan pilih yang paling nyaman serta mengakomodasimu.

Menciptakan Konten yang Bermanfaat dan Menarik


Setiap tulisan akan memiliki pembacanya masing-masing. Maka dari itu, hadirkanlah tulisan yang memberikan value bagi pembacamu. Ketika seseorang mengetikkan kata kunci tertentu di mesin pencari, maka tentu tujuannya untuk mendapatkan informasi yang akan membantu menyelesaikan masalah dia. 

Hindari hanya menghadirkan tulisan yang bersifat sensasi bahkan ‘kosong’. Pasalnya, hal ini akan berpengaruh terhadap penilaian mesin pencari yang berdampak pada peluang pundi-pundi rupiahmu. Mesin pencari akan memprioritaskan blog dengan konten yang relevan dan berkualitas. Bagaimanapun, mesin pencari juga sangat menjaga loyalitas penggunanya; salah satunya adalah dengan menghadirkan informasi yang dianggap paling mengakomodasi kebutuhan pengguna.

Namun, cara menghasilkan uang dari blog tidak cukup hanya dengan konten yang memberikan value. Kamu juga perlu mengemas tulisanmu secara menarik. 

Ada banyak alternatif yang bisa kamu lakukan untuk ini. Kamu bisa membahas sebuah tema yang cukup banyak diminati, tetapi dari sudut pandang lain yang belum pernah dibahas (tetapi pastikan untuk tetap menulis dengan bertanggung jawab, ya). Selain itu, buatlah judul yang kreatif sekaligus menarik agar mendapat banyak atensi calon pembaca.

Tidak lupa, kamu dapat menghadirkan berbagai media pendukung seperti foto, ilustrasi, atau video. Dengan adanya bantuan visual ini, pembaca akan semakin betah berkunjung ke blogmu dan menanti-nanti tulisanmu selanjutnya.

Melakukan Promosi 


Yep, kamu juga perlu melakukan promosi untuk menjangkau (lebih) banyak pembaca. Pasalnya, sudah ada jutaan blog yang ada di internet—banyak di antaranya yang sudah lebih dulu dikenal. Sebagai pendatang baru, kamu tentu perlu melakukan usaha ekstra untuk memperoleh atensi pengguna internet, bukan?

Bagaimana cara melakukan promosi blog? Cara paling simpelnya adalah dengan membagikan informasi mengenai keberadaan blogmu di berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, Pinterest, dan lain-lain. 

Cara menghasikan uang dari blog ini dapat masuk dalam kategori social media marketing. Sebuah studi menunjukkan sebanyak 80% orang mengaku bahwa unggahan yang dilihat di Instagram memengaruhi buying decision mereka. Hal ini pun merupakan kesempatan yang bagus untuk rencana promosi blogmu.

Namun tentu saja, cara promosi ini memerlukan beberapa teknik khusus. Tiap media sosial mempunyai karakter masing-masing, bagi dari segi platform maupun penggunanya. Kamu butuh menyesuaikan metode marketing yang akan dipakai berdasarkan hal-hal tersebut.

Di sisi lain, kamu bisa juga mempromosikan blog di aplikasi chatting yang lebih dekat dengan pengguna smartphone dalam kehidupan sehari-hari mereka. Membagikannya secara personal alias japri maupun via grup dapat kamu sesuaikan sendiri berdasarkan karakter orang-orang yang akan dijadikan target pembaca.

Meningkatkan Kualitas SEO


Di era sekarang, menguasai SEO sudah menjadi keharusan bagi blogger yang memang menggunakan platform blog sebagai salah satu sumber penghasilannya. Secara sederhana, SEO (Search Engine Optimization) merupakan cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk mengoptimalkan blogmu sehingga berada di peringkat teratas di mesin pencarian.

Jika masih bingung, perhatikan ilustrasi berikut. Saat kamu sedang mencari informasi di sebuah mesin pencari—Google misalnya—maka akan muncul beberapa website yang kemudian akan terbagi ke dalam halaman pencarian pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya. Kamu sendiri pasti cenderung mengklik website yang berada di halaman pertama—bahkan hanya beberapa web teratas saja—bukan? 

Hal ini pun berlaku bagi pengguna internet lainnya. Karena itu, megoptimalkan SEO berarti semakin memperbesar peluangmu untuk membuat blog mendapat banyak pengunjung. 

Hanya saja, cara menghasilkan uang dari blog yang satu ini memang membutuhkan waktu panjang. Kamu tak akan bisa mewujudkannya hanya dalam satu malam mengingat betapa tingginya kompleksitas SEO. 

Namun tenang saja, asal tekun mempelajari dan mempraktikkan ilmu SEO, kamu bisa mewujudkannya tanpa bantuan jasa SEO dari pihak ketiga. Berita baiknya lagi, ada banyak informasi dan panduan SEO yang tersedia untuk kamu jadikan sebagai panduan.

Menentukan Cara Memonetisasi Blog

Kalau semua aspek di atas sudah lakukan, kini saatnya kamu berpikir lebih spesifik tentang memonetisasi blog. Pilihannya tak kalah beragam seperti berikut.

Google Ads


Google Adsense atau yang biasa disingkat Google Ads adalah layanan periklanan paling populer milik Google.  Jika menggunakan layanan ini, maka kamu perlu meletakkan kode Adsense di blogmu, lalu pihak pengiklan akan melakukan penawaran untuk dapat tampil di blogmu.

Iklan dengan harga paling tinggi yang akan terpilih dan terpasang di blogmu. Setiap pembaca atau pengunjung blog yang mengklik iklan tersebut, maka kamu akan mendapatkan komisi.

Baca juga: Ini Hal yang Wajib Kamu Ketahui tentang YouTube AdSense

Endorsement


Cara menghasilkan uang dari blog ini mungkin merupakan cara yang paling banyak diinginkan oleh para blogger. Sama seperti influencer di Instagram yang melakukan endorsement, blogger yang mengadopsi cara ini akan mempromosikan produk atau layanan tertentu di blognya. 

Selain uang, biasanya produk (barang atau jasa) yang dipromosikan juga akan diberikan kepada blogger. Namun tentu saja, hal ini sesuai kesepakatan antara dua belah pihak.

Selain dua cara tadi, memonetisasi blog dapat dilakukan dengan beberapa opsi lain. Sebut saja seperti afiliasi, penjualan produk (barang atau jasa), infolinks, dan sebagainya.

Nah, itulah beberapa cara menghasilkan uang dari blog yang dapat kamu lakukan. Walau terkesan ‘hanya’ bermodal laptop dan internet, nyatanya ada banyak usaha di balik itu yang harus kamu lakukan. Namun asal usaha maksimal, kamu pun bisa meraup jutaan rupiah setiap bulannya melalui blogging.

Selamat mencoba!

Related Posts

Leave a Comment