Home Tanpa Modal Untung Banyak! Intip Cara Investasi Bitcoin Tanpa Modal Berikut

Untung Banyak! Intip Cara Investasi Bitcoin Tanpa Modal Berikut

by Justin Sutanto

Tahukah Anda, ternyata investasi bitcoin tanpa modal bisa dilakukan, lho? Seiring berkembangnya teknologi, tren investasi mata uang cryptocurrency seperti bitcoin kian populer di kalangan masyarakat

Menariknya, semakin ke sini peminat investasi tak hanya didominasi oleh mereka yang sudah profesional. Sejumlah kaum milenial pun tak ragu membelanjakan uangnya untuk membeli bitcoin sebagai aset investasi yang menjanjikan. 

Ada beberapa alasan mengapa bitcoin disebut sebagai investasi menjanjikan. Kenaikan harga yang fantastis menjadi alasan mengapa investasi bitcoin begitu menggiurkan. Nah, sebelum mencari tahu bagaimana cara investasi bitcoin secara gratis, simak dulu tren harga bitcoin dari tahun ke tahun berikut ini. 

Baca juga: Awas Rugi! 10 Tips Investasi Crypto yang Harus Kamu Tau!

Tren Harga Bitcoin dari Tahun ke Tahun 


Percaya atau tidak, di awal kemunculannya pada tahun 2010 harga sekeping bitcoin tidak lebih dari 1 dolar AS, lho. Seiring berjalannya waktu, harga bitcoin mulai naik ke angka 5-7 dolar AS di tahun 2012. Bila dirupiahkan dengan kurs saat itu, nilai bitcoin berkisar Rp45.000-Rp63.000 per keping. 

Tanpa diduga, di tahun 2013 harga bitcoin sukses melonjak ke angka 10-300 dolar AS. Kenaikan pun terus terjadi hingga tahun 2014 nilai bitcoin menyentuh 700 dolar AS per keping. 

Setelah mencapai all time high di angka 700 dolar AS, di akhir tahun 2014 harga bitcoin anjlok menjadi 300 dolar AS. Nilai tersebut kemudian turun lagi menjadi 200 dolar AS di tahun 2015.

Menjelang tahun 2016, nilai bitcoin kembali bangkit ke level 450 dolar AS dan berhasil mencetak rekor baru di angka 950 dolar AS per keping. Kabar baik pun terus berlanjut. Di awal tahun 2017, sekeping bitcoin laku dengan harga 970 dolar AS dan dengan mengejutkan berhasil meroket ke level 20.000 dolar AS per keping di akhir tahun 2017. 

Sempat berada di puncak keemasan, di awal 2018 harga bitcoin harus turun menjadi 13.657 dolar AS, bahkan sempat anjlok drastis ke level 3.742 dolar AS. Di tahun berikutnya harga sekeping bitcoin mulai mengalami kenaikan tipis ke 3.843 dolar AS, hingga merangkak naik ke 7.193 dolar AS, 8.440 dolar AS, dan tembus ke level 29.000 dolar AS di penghujung tahun 2020. 

Tahun 2021 pun menjadi golden era baru bagi bitcoin. Bagaimana tidak, sejak awal tahun nilai bitcoin terus melonjak mulai dari 30.000 dolar AS sampai ke level 52.493 dolar AS atau setara dengan Rp753 juta rupiah per keping. 

Seandainya dulu di tahun 2012 Anda mau membeli bitcoin sebanyak 10 keping saja, kini sudah berapa miliar rupiah keuntungan yang Anda dapatkan? 

Nah, melihat tren harga di atas, sekarang Anda jadi lebih paham kan mengapa bitcoin dianggap sebagai aset investasi yang menggiurkan. Meski saat ini harga sekeping bitcoin sangat fantastis, tetapi Anda bisa mendapatkannya tanpa mengeluarkan uang sepeser pun kok. Bagaimana caranya?

Baca juga: Bakal Jadi 1 Juta Dolar, Nih Masa Depan Crypto!

Tips Investasi Bitcoin Tanpa Modal 


Harga bitcoin yang begitu mahal terkadang membuat investor kekurangan modal untuk membelinya. Beruntung, terdapat 6 tips melakukan investasi bitcoin tanpa modal yang bisa Anda coba. Apa saja?

1. Mining Bitcoin 

Cara pertama adalah mining (menambang) bitcoin. Bagi pemula, menambang bitcoin sebaiknya dilakukan secara berkelompok bersama para penambang bitcoin lainnya yang ada di mining pool. Nantinya, hasil yang diperoleh akan dibagi rata sesuai jumlah penambang yang ada di dalam mining pool. 

Apakah mungkin melakukan mining bitcoin seorang diri? 

Solo mining bisa dilakukan dengan syarat Anda punya peralatan mining yang canggih. Bukan hanya itu, daya listrik yang dibutuhkan untuk mining bitcoin juga sangat besar. Belum lagi miner harus menyelesaikan algoritma matematika super rumit agar bisa menghasilkan bitcoin.  

2. Menjadi Bounty Hunter

Sederhananya, Bounty Hunter diartikan sebagai pemburu hadiah. Nah, di dalam dunia crypto, seorang Bounty Hunter bisa mendapatkan aset crypto seperti bitcoin hingga mata uang fiat jika ia berhasil menyelesaikan misi yang diberikan. Salah satu website yang menyediakan program Bounty Hunting adalah BitcoinTalk.  

3. Airdrops 

Sebuah perusahaan atau developer koin digital biasanya akan memberikan aset crypto secara gratis asalkan Anda bisa menyelesaikan tugas tertentu. Inilah yang dinamakan dengan Airdrops. 

Sekilas memang mirip dengan program Bounty Hunting. Adapun contoh tugas yang diberikan follow media sosial perusahaan atau bergabung ke grup media sosial perusahaan.

4. Afiliasi Bitcoin 

Cara selanjutnya adalah mengikuti program afiliasi bitcoin dengan tugas mempromosikan sebuah link melalui halaman website milik Anda. Sebagai imbalannya, Anda akan menerima bitcoin di setiap impresinya. 

5. Menulis Artikel tentang Bitcoin 

Jika memiliki keahlian menulis, Anda bisa menjadi penulis situs-situs berita yang memuat informasi khusus mengenai cryptocurrency dan menerima bitcoin sebagai imbalannya. 

6. Menjual Jasa 

Cara terakhir adalah menjual jasa, misalnya jasa penerjemah, pembuatan website, sampai desain grafis dengan mencantumkan bitcoin atau aset crypto lainnya sebagai alat pembayaran. 
Demikian ulasan singkat mengenai tren harga bitcoin dari waktu ke waktu beserta tips investasi bitcoin tanpa modal  yang bisa Anda praktekkan.

Selamat mencoba!

Related Posts

Leave a Comment