Home Others Wajib Diketahui Pebisnis! 5 Cara Optimasi Fanpage Facebook

Wajib Diketahui Pebisnis! 5 Cara Optimasi Fanpage Facebook

by Justin Sutanto
Penerapan cara optimasi fanpage facebook untuk berbisnis

Facebook merupakan platform yang cukup efektif untuk berbisnis. Masih banyak orang yang memanfaatkan media sosial ini untuk kesehariannya. Sebagai seorang pemilik usaha, kamu harus memahami cara optimasi fanpage Facebook untuk menyukseskan usahamu. Orang-orang yang sukses menerapkannya mengalami perkembangan bisnis yang cepat dan cukup signifikan.

Pengaturan Akun Fanpage yang Tepat 

Untuk menjamin bahwa bisnis kamu mudah ditemukan oleh konsumen, kamu harus melakukan pengaturan yang tepat. Terdapat basic template yang disediakan oleh Facebook untuk pedagang. Pengguna bisa menggunakan template tersebut sebagai titik awal untuk mulai mengatur fanpage.

 Pengubahan peraturan dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Dari menu Beranda, pilih “Halaman” yang bisa ditemukan di sebelah kiri.
  • Facebook akan mengarahkan kamu pada halaman fanpage.
  • Pilih menu “Pengaturan” atau “Setting” pada halaman tersebut.
  • Pilih menu “Template dan Tab” atau “Template and Tab” ada letaknya di sisi kiri halaman.
  • Pilih menu “Edit” yang ada di dekat “Template Saat Ini” atau “Current Template”.
  • Atur template sesuai dengan kebutuhan kamu.
  • Jika sudah sesuai, maka pilih “Terapkan Template” atau “Apply Template”.

Guna mendukung usaha para penggunanya, Facebook menawarkan beberapa pengaturan tipe halaman. Kamu bisa memilih pengaturan jasa, bisnis, non-profit organization, restoran dan kafe, maupun perbelanjaan. Pengguna juga bisa memilih pengaturan tempat agar mempermudah tagging.

Memanfaatkan Pilihan Call to Action (CTA) 

Cara optimasi fanpage Facebook untuk keperluan bisnis yang paling vital adalah pemanfaatan CTA. CTA merupakan kepanjangan dari Call to Action. Dengan memanfaatkan pilihan ini, kamu tidak hanya membangun lead saja dengan halaman Facebook. Lead tersebut bisa langsung menjadi sales.

Ada beberapa pilihan CTA yang ditawarkan oleh Facebook, yaitu:

1. Get in Touch

Pilihan ini akan mengarahkan calon konsumen untuk menghubungi bagian pelayanan pelanggan. Dengan tombol ini, konsumen dapat menanyakan pertanyaan yang spesifik terhadap penjual, terutama terkait informasi yang belum ditampilkan di halaman. Biasanya seorang konsultan maupun freelancing service akan menggunakan pilihan ini.

2. Shop Now

Dengan pilihan ini, calon konsumen bisa langsung melakukan pembelian produk. Tombol ini cocok untuk bisnis yang menjual produk fisik, terutama dalam kuantitas kecil. Untuk mendukung pilihan ini, informasi mengenai produk harus terpampang dengan jelas di halaman fanpage, terutama terkait harga.

3. Book Service

Pilihan Book Service didesain untuk mengakomodasi bisnis yang menawarkan jasa. Contoh umumnya adalah jasa desain grafis maupun konsultan pajak dan sebagainya. Spesifikasi jasa yang kamu tawarkan harus dijelaskan pada bagian deskripsi secara menyeluruh. Ada baiknya juga mengunggah informasi terkait fee.

4. Modified Button (Start Order)

Pilihan ini merupakan pilihan yang bisa kamu modifikasi untuk menyesuaikan model bisnismu. Dimulai dari tombol Start Order, dengan pilihan ini, konsumen dapat melakukan product customization. Restoran dan kafe merupakan tipe bisnis yang disarankan untuk menggunakan pilihan ini.

5. Learn More

Tombol ini memiliki kemungkinan perubahan lead menjadi sales yang cukup rendah. Namun, dengan tombol ini, orang-orang yang benar-benar tertarik dengan penawaran produk akan berada di halaman kamu lebih lama. Biasanya pilihan ini digunakan untuk bisnis yang jenisnya kurang familiar untuk masyarakat umum.

Menggunakan Tag untuk Konten Foto dan Video 

Sebuah cara optimasi fanpage Facebook lain yang bisa kamu terapkan adalah melakukan   tagging untuk konten yang dibuat. Tag yang dicantumkan di dalam konten harus relevan dengan konten produk dan jenis bisnis kamu. Cara ini memungkinkan calon konsumen baru untuk menemukan halaman Facebook-mu dengan mudah.

Konten yang kamu tampilkan juga harus disajikan dengan menarik. Jenis konten yang paling disarankan adalah foto dan video dengan resolusi yang baik. Bagian deskripsi harus dilengkapi dengan informasi detail seperti bahan baku dan harga.

Aktivasi Fitur Review Konsumen 

Kalau kamu ingin membuat konsumen semakin tergiur membeli barangmu, manfaatkanlah fitur review konsumen di dalam fanpage. Fitur ini mengizinkan konsumen untuk mengulas barang atau jasa yang kamu tawarkan Cara optimasi fanpage Facebook ini dapat mengembangkan bisnis karena:

  • Konsumen biasanya lebih mempercayai pendapat konsumen lain
  • Calon pembeli atau pengguna jasa bisa melihat kualitas produk yang ditawarkan
  • Kamu lebih termotivasi untuk menjaga kualitas produk dan pelayanan pelanggan
  • Fanpage akan lebih aktif dengan user generated content

Memanfaatkan Fitur Shop yang Tersedia 

Fitur Shop harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh seorang pebisnis yang menggunakan Facebook. Fasilitas ini merupakan follow up dari tombol CTA. Untuk mengaktifkannya, kamu perlu mengikuti tahapan ini:

  • Akses menu “Shop” pada halaman kamu.
  • Setujui Terms and Policies yang ditampilkan.
  • Pilih cara checkout yang akan diaplikasikan, bisa dengan Facebook maupun di website lain
  • Isi deskripsi produk yang kamu tawarkan secara umum
  • Tambahkan jenis-jenis produk yang ditawarkan, termasuk informasi penunjang

Sangat sayang jika kamu tidak menerapkan cara optimasi fanpage Facebook yang ditawarkan media sosial ini. Tentunya kamu bisa mengkombinasikan platform ini dengan platform lain yang sudah kamu miliki untuk meningkatkan sales. Sesuaikan caranya dengan bisnis kamu.

Related Posts

Leave a Comment